alexametrics

Olimpiade Harus Terselenggara, Tidak Mungkin Ditunda Atau Dipindah

26 Februari 2020, 14:59:34 WIB

JawaPos.com – Wabah virus korona yang makin luas telah mengakibatkan berbagai event olahraga ditunda atau dibatalkan. Kini yang menjadi pertanyaan terbesar, bagaimana dengan Olimpiade Tokyo 2020? Apakah juga bakal ditunda? Apalagi, Jepang relatif dekat dengan Tiongkok, tempat asal virus mematikan tersebut.

Saat ini nasib Olimpiade edisi ke-32 itu belum bisa ditentukan. Salah seorang member International Olympic Committee (IOC), Dick Pound, menuturkan bahwa Jepang sebagai penyelenggara harus segera membuat keputusan.

Mereka punya waktu tiga bulan ke depan.

’’Banyak yang harus dilakukan. Kalian (Jepang, Red) harus mulai menyiapkan keamanan, makanan, wisma atlet, dan hotel-hotel. Teman-teman media juga harus mulai menyiapkan studio mereka di sana,’’ papar Pound sebagaimana dikutip Associated Press. ’’Ini adalah ’perang’ jenis baru dan kita harus menghadapinya,’’ lanjutnya.

Pound menjelaskan, IOC tidak akan merekomendasikan pembatalan ataupun penundaan Olimpiade karena berdampak besar. Jika diundur tahun depan, misalnya, Olimpiade bertabrakan dengan jadwal event besar lain. Dari sisi peserta, peak performance atlet juga sudah lewat.

Upaya pemindahan juga riskan. Tidak banyak negara yang bisa menghelat Olimpiade dengan persiapan minim. Karena itu, dia mendorong para atlet untuk tetap berlatih. ’’Kalian akan tetap pergi ke Tokyo,’’ yakin anggota IOC sejak 1979 tersebut.

Sepanjang sejarah, hanya sekali Olimpiade dibatalkan. Tepatnya pada 1940 saat Perang Dunia II. Kebetulan, ketika itu tuan rumahnya juga Jepang.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c14/na



Close Ads