alexametrics

Saiful Tak Lolos Verifikasi, M. Nabil Melenggang Sendiri di Musorprov

26 Januari 2022, 12:00:54 WIB

JawaPos.com-M. Nabil dipastikan tanpa pesaing dalam pemilihan ketua KONI Jatim 2022–2026. Setelah proses verifikasi oleh Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Umum KONI Jawa Timur, kemarin (25/1) tim menetapkan hanya Nabil yang lolos.

Sementara itu, Saiful Rahman yang mendaftarkan diri dinyatakan tidak lolos. Hal itu disebabkan Saiful tidak melengkapi persyaratan, terutama surat dukungan dari KONI kota-kabupaten dan pengprov cabang olahraga.

Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua KONI Jatim Dedi Suhayadi menjelaskan, memang ada beberapa alasan yang memberatkan langkah Saiful untuk ke tahap berikutnya. Terutama tidak adanya persyaratan utama yang harus dipenuhi.

”Pendaftar harus datang sendiri untuk menyerahkan berkas. Kemudian, soal surat dukungan,” ujar Dedi. ”Dan dari dua syarat itu saja sudah tidak memenuhi untuk kami proses sebagai kandidat ketua umum KONI Jatim,” terang Dedi.

Syarat menjadi calon ketua umum harus mendapatkan dukungan secara tertulis dari sepertiga KONI kota-kabupaten dan sepertiga pengprov cabor. Di Jatim terdapat 38 KONI kota-kabupaten serta 62 pengprov.

Pemilihan ketua umum KONI Jatim periode 2022–2026 akan dilaksanakan hari ini (26/1) dan besok (27/1) di Hotel Bumi. Musorprov KONI Jatim itu menentukan pengganti Erlangga Satriagung yang sudah menjabat sembilan tahun (2012–2021).

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c6/dra

Saksikan video menarik berikut ini: