JawaPos Radar

Menpora Akan Berusaha Bawa Pencak Silat Mentas di Olimpiade

25/10/2018, 00:16 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Kemenpora, Imam Nahrawi, Menpora Imam Nahrawi, Pencak Silat,
Imam Nahrawi saat hadiri pertemuan Federasi Silat Dunia (Kemenpora)
Share this

JawaPos.com - Menpora Imam Nahrawi saat ini akan mengusahakan agar pencak silat dipertandingkan pada gelaran Olimpiade. Dia sudah menemui beberapa pihak, termasuk menghadiri pertemuan Federasi Pencak Silat Dunia di Den Hagg.

Dalam Asian Games 2018 lalu, cabor ini memang menyumbang emas yang sangat pesat buat Kontingen Indonesia. Total, 14 dari 30 emas Indonesia di Asian Games lalu berasal dari pencak silat.

Untuk itu, Menpora Imam mendorong 49 negara yang ikut dalam federasi pencak silat mendukung langkah itu. Apalagi, pencak silat untuk pertama kalinya telah dipertandingkan di level internasional pada Asian Games 2018 lalu.

"Pemerintah Indonesia dengan bangga mengenalkan pencak silat kepada dunia. Pencak silat terdiri dari empat aspek yakni olahraga, bela diri, seni budaya, dan mentap spiritual. Keempat aspek itulah yang membuat pencak silat memukau dan bisa diterima masyarakat internasional," kata Menpora Imam.

Penambahan keanggotaan federasi yang saat ini berjumlah 49 memang merupakan syarat mutlak agar pencak silat bisa masuk ke Olimpiade. Pasalnya, IOC (Komite Olimpiade Internasional) mematok persyaratan minimal terdapat 70-75 negara anggota agar pencak silat bisa dipertandingkan di Olimpiade.

"Untuk masuk Olimpiade, pemerintah tidak akan berhenti mendorong pencak silat ke pentas dunia. Kemenpora bersama Kemenlu nanti akan terus bekerja bersama-sama mengembangkan ke negara-negara lainnya," sambung dia.

(ies/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up