alexametrics

Muncul Isu MotoGP Finlandia Batal, Sirkuit Terlalu Pendek

25 Mei 2022, 16:29:13 WIB

JawaPos.com – Dua bulan lagi MotoGP dijadwalkan akan menyambangi Finlandia.

Namun, muncul kekhawatiran baru dari paddock balapan kelas premium bahwa Sirkuit KimyRing dianggap teralu pendek dan hingga saat ini belum mendapatkan status homologasi dari FIM.

MotoGP Finlandia bakal digelar 8-10 Juli. Pekan ini, tim ahli FIM dan Dorna baru akan meninjau lagi kondisi sirkuit tersebut dalam kaitannya dengan proses homologasi.

Tetapi, yang menjadi perhatian para pembalap adalah lay out sirkuit. Pada 2019 lalu, sejumlah pembalap uji MotoGP datang ke sana untuk menjajal trek tersebut.

Hasilnya, mereka menyimpulkan bahwa sirkuit tersebut telalu kecil untuk ukuran mesin MotoGP.

”Beberapa rider mengatakan bahwa motor tidak bisa digeber melewati gigi percepatan 3 dalam satu putaran,” ungkap rider Suzuki Ecstar Alex Rins.

”Jadi mentok hanya gigi 2-3,” tambahnya. ”Tapi kami akan ke sana. Sirkuitnya sudah jadi. Dan (faktor sirkuit kecil itu) berlaku untuk semua pembalap.”

Pablo Durpac, direktur keselamatan FIM, bebicara kepada media Finlandia Etelä-Suomen bahwa inspeksi menyeluruh belum dilakukan. Meski demikian tidak ada isu besar mengenai proses homologasi.

Menurut Motorsport-Magazine, rumor yang beredar menyatakan bahwa sirkuit tersebut tidak dalam kondisi baik. Karena itu pula muncul rumor bahwa balapan itu bisa jadi batal.

CEO KymiRing Riku Ronnholm telah membantah isu tersebut.

Yang pasti, sampai saat ini sirkuit tersebut belum mendapatkan lampu hijau untuk menggelar balapan MotoGP.

 

 

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads