alexametrics

Sirkuit Mandalika Bidik Grade A FIA

25 Maret 2022, 09:00:17 WIB

JawaPos.com – Setelah sukses menggelar ajang balapan MotoGP akhir pekan lalu, kali ini Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, juga mulai membidik ajang-ajang balapan bergengsi lain di level internasional.

Kalau sebelumnya Mandalika mengantongi grade A dari FIM, berikutnya mereka berharap grade A dari FIA.

Dengan memperoleh grade A dari FIA, Sirkuit Mandalika dapat menggelar balapan mobil Formula 1. Upaya itu dimulai kemarin (24/3) setelah kedatangan perwakilan dari FIA yang ditemani pihak IMI ke Sirkuit Mandalika.

’’Kami tidak muluk-muluk. Setidaknya tahun depan kami sudah mengetahui level homologasi kami di mana,’’ ungkap Dirut Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria.

Priandhi mengungkapkan, yang berkunjung ke Sirkuit Mandalika kemarin adalah perwakilan dari FIA. Tepatnya penginspeksi sirkuit Formula E di Tanjung Priok, Jakarta.

Mereka datang untuk melihat-lihat kondisi sirkuit yang baru menjalani debut MotoGP tersebut.

’’Saya sudah berjanji kepada mereka akan mengirimkan detail tentang sirkuit ini. Panjang lintasan berapa, lebar treknya juga berapa. Sampai ke yang detail-detail lainnya,’’ imbuh Andhi –sapaan akrab Priandhi.

Walaupun sudah masuk dalam kalender GT World Challenge Asia pada seri keenam (21–23 Oktober), ternyata FIA belum memberikan grade homologasi kepada Sirkuit Mandalika untuk menggelar ajang balapan kendaraan roda empat.

Andhi lalu menjabarkan syarat-syarat untuk mendapatkan grade A homologasi roda empat. Di dalam lintasan misalnya.

Di sisi lintasan harus disiapkan forklift guna mengangkut keluar mobil saat terjadi insiden kecelakaan. Begitu pula dengan syarat-syarat yang disiapkan di luar lintasan.

Apalagi untuk jadi tuan rumah penyelenggaraan balapan mobil sekelas Formula 1. Menurut Andhi, pihaknya harus melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Seperti dari sisi teknis pengangkutan mobil di bandara, total kamar hotel yang dibutuhkan, dan juga akses transportasi dari dan menuju ke lokasi sirkuit.

Merujuk pada lay out sirkuit, Mandalika tidak memiliki trek lurus panjang. Padahal, untuk sirkuit-sirkuit modern F1 biasanya selalu dilengkapi trek lurus panjang tersebut.

Itu karena mobil F1 yang dilengkapi DRS (drag reduction system). Untuk mengaktifkannya dibutuhkan trek lurus panjang.

 

Editor : Candra Kurnia

Reporter : ren/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads