Jadi Pebulu Tangkis Putra Nomor 1 Jepang, Kodai Naraoka Merendah

25 Januari 2023, 15:11:11 WIB

JawaPos.com – Performa pebulu tangkis putra Jepang Kodai Naraoka mengalami kemajuan pesat dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Meski baru menjuarai Vietnam Open 2022 yang merupakan turnamen level super 100, namun Kodai berhasil beberapa kali menjajaki babak final turnamen bergengsi, termasuk BWF World Tour Finals 2022 dan turnamen level super 1.000 Malaysia Open 2023.

Grafik permainannya yang terus naik dengan konsisten membuatny ia juga diganjar penghargaan sebagai Most Promising Player of The Year oleh BWF tahun lalu.

Ranking-nya pun meroket ke peringkat 7 dunia, membuatnya menjadi pemain nomor wahid Jepang saat ini sekaligus melampaui tiga seniornya yakni Kenta Nishimoto (13), Kanta Tsuneyama (17), dan peraih dua gelar juara dunia Kento Momota (19).

Mengomentari hal itu, Kodai memilih untuk merendah dan tetap menaruh rasa respek kepada para seniornya.

“Aku nggak merasa kalau aku yang nomor satu di Jepang,” ujarnya saat ditemui di Istora Senayan usai laga Indonesia Masters 2023, Rabu (25/1).

“Aku hanya mau main sebaik mungkin, tetap kompetitif dan tidak mau kalah dari para seniorku,” tambahnya.

Menyoal pola latihan yang ia lakukan hingga performanya meningkat, Kodai menuturkan bahwa ia sama sekali tidak melakukan latihan khusus.

“Aku hanya menjalani latihan rutin bersama rekan-rekan di pelatnas. Nggak ada porsi latihan tambahan apapun,” katanya.

Layaknya pemain-pemain Jepang lain, keuletan dan pertahanan yang kokoh juga menjadi keunggulan dari Kodai dalam permainannya. Menurut pebulu tangkis berusia 21 tahun ini, hal tersebut adalah kewajiban untuk para atlet Jepang jika ingin bisa terus bersaing di level atas.

“Dibandingkan negara lain, postur pemain-pemain Jepang cenderung kecil, power kami pun tidak sebesar atlet negara lain. Makanya kami harus main ulet supaya bisa bersaing. Kalau tidak, ya kita pasti nggak punya kesempatan menang,” katanya tertawa.

Editor : Banu Adikara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads