alexametrics
MotoGP 2020

Mesin V4 Ducati Disiapkan Untuk Melawan Kecepatan Honda

25 Januari 2020, 08:55:02 WIB

JawaPos.com – Ducati menjadi tim MotoGP pertama yang meluncurkan livery untuk musim 2020. Desmosedici GP20 diperkenalkan di Palazzo Re Enzo, Bologna, Italia, kemarin (24/1).

Ada perbedaan yang cukup mencolok dari segi warna. Ducati memilih mengombinasikan warna dasar merah dengan hitam musim ini.

Tahun lalu, warna merah-putih menjadi pilihan tim yang masih mengandalkan duet pembalap Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci tersebut. Bukan hanya soal tampilan, Desmosedici GP20 juga menjelaskan evolusi signifikan di dapur pacunya. Mesin V4 Ducati disiapkan untuk bisa melawan kecepatan Honda yang musim lalu begitu digdaya.

Tahun lalu, Ducati tidak hanya tertinggal di tikungan. Mereka juga tertinggal saat melahap lintasan lurus. Padahal, kuat di trek lurus adalah trademark mereka. Karena itu, hal tersebut menjadi perhatian penting.

’’Mesin Panigale V4 kami telah direnovasi lebih mendalam untuk musim 2020,’’ ujar Claudio Domenicali, CEO Ducati Motor Holding, sebagaimana dikutip situs resmi MotoGP. Perubahan juga terjadi untuk sasis dan aspek aerodinamika yang dibuat lebih ramping.

Rapor Ducati musim lalu tidak terlalu buruk. Dovizioso, mengakhiri musim sebagai runner-up. Yang ketiga beruntun sejak 2017. Dia memenangi dua balapan, yakni balapan Qatar dan Austria. Total, dia sembilan kali naik podium. Dengan dukungan yang lebih solid, Dovi berupaya tampil lebih garang.

Desmosedici GP20 baru bisa dicoba Dovi dan Petrucci saat tes resmi pramusim yang berlangsung di Sirkuit Sepang 7–9 Februari mendatang. ’’Tujuan kami jelas, kami ingin berjuang untuk gelar musim ini,’’ terang Dovi.

Di sisi lain, Petrucci mengalami situasi sulit setelah menggamit podium ketiga di Catalunya musim lalu. Sejak saat itu, dia tak mampu finis di podium hingga akhir musim. Capaian terbaiknya tahun lalu adalah memenangi balapan di Mugello, Italia.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c17/na


Close Ads