alexametrics
SEA Games 2021 Hanoi

Awas, Cabang Olahraga Tak Maksimal Bisa Terdegradasi

24 Mei 2022, 14:17:27 WIB

JawaPos.com-Pada ajang SEA Games 2021, sebanyak 32 cabang olahraga (cabor) yang berangkat punya dua predikat. Yaitu, yang termasuk dalam rancangan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan yang tidak.

Di SEA Games 2021, hasil yang didapat tiap cabor berbeda-beda. Ada yang melebihi target seperti panahan, dayung, karate, menembak, hingga basket yang meraih emas perdana di nomor 5×5 putra.

Namun, ada juga yang jauh dari ekspektasi. Misalnya, atletik yang menargetkan delapan medali emas. Namun, hanya mendapat 2 emas, 5 perak, dan 4 perunggu. Di cabor itu, pelari andalan Lalu Muhammad Zohri tak mampu menggondol medali lantaran baru pulih dari cedera.

Pencak silat yang menjadi andalan juga hanya meraih 1 emas, 5 perak, 3 perunggu. Sementara itu, renang hanya meraih 2 emas, 3 perak, 10 perunggu.

Menpora Zainudin Amali segera melakukan evaluasi terhadap cabor-cabor DBON yang gagal mencapai target di SEA Games 2021. Penilaian itu perlu dilakukan untuk menentukan langkah selanjutnya.

Sebab sejak awal, cabang yang masuk DBON tidaklah tetap. Tapi, juga ada promosi-degradasi. Meskipun, SEA Games bukanlah target utama dan hanya sasaran antara. ”Tapi, kami akan evaluasi lagi cabang yang masuk dalam DBON,’’ ujarnya.

Mengenai teknis evaluasi, ada yang langsung ke ketua umum masing-masing cabor ataupun melalui NOC Indonesia, KONI Pusat, dan tim review.

Waketum PB IPSI Erizal Chaniago siap mendapatkan evaluasi. Secara target, apa yang didapat di SEA Games disebutnya memang masih di bawah harapan. Sebab, tim mencanangkan empat medali emas.

Sebetulnya, pihaknya percaya diri lantaran atlet yang dibawa jebolan Asian Games 2018. Saat itu, Indonesia tampil superior dengan meraih 14 emas dari total 16 yang dipertandingkan. Dia menilai tidak tercapainya target emas karena peraturan baru di Vietnam yang belum pernah diterapkannya di event nasional.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c6/bas

Saksikan video menarik berikut ini: