alexametrics

Rins-Mir: Aspal Sirkuit Mandalika Rusak, Tikungan 17 Banyak Lubang

24 Maret 2022, 20:35:17 WIB

JawaPos.com – Hujan yang melanda Sirkuit Mandalika menjelang balapan MotoGP Indonesia, Minggu (20/3), ternyata justru dianggap sebagai “berkah” bagi sebagian pembalap.

Bahkan, bagi pergelaran race secara keseluruhan.

Itu lantaran kondisi aspal lintasan yang rusak parah, terutama di tikungan terakhir. Akibat terkelupasnya aspal di tikungan 17 tersebut dua rider Moto2 mengalami kecelakaan pada lap terakhir.

Sejatinya kondisi tersebut sudah terjadi sejak sebelum balapan Moto2 digelar. Atas dasar laporan itu pula kelas Moto2 dan MotoGP jumlah lap-nya dikurangi.

”Aku tidak yakin balapan bisa dilakukan dalam kondisi kering, karena kondisi lintasan sangat-sangat sulit,” ungkap rider Suzuki Ecstar Alex Rins dalam wawancara usai balapan.

”Pada tikungan terakir aspalnya mulai mengelupas,”

”Bahkan, meski basah kami merasa pecahan aspal menghajar tubuh kami dari empasan ban rider di depan. Jadi bayangkan jika balapan terjadi dalam kondisi kering,”

”Beruntung, tidak ada yang terluka,”

”Ketika aku membuka baju balapku setelah balapan, aku mendapati dadaku dipenuhi batu-batu hitam,” ungkapnya.

”Mereka (pengelola) harus memperbaikinya. Karena lintasan ini agak berbahaya. Kita lihat saja. Mereka mengatakan akan mengaspal ulang sirkuit, semuanya (tidak hanya sebagian),”

Tikungan 17 termasuk bagian lintasan yang diaspal ulang setelah tes pramusim. Di sana juga terdapat sambungan antara aspal lama dan aspal baru.

Rekan setim Rins, Joan Mir mengonfirmasi pernyataan tersebut. ”Masalah dengan aspal di sini (Mandalika) menjadi lebih parah ketika kering,”

”Namun, ketika kondisi hujan kita bisa melihat banyak lubang di sekitar tikungan terakhir. Bayangkan jika kering? Woah..pasti akan sulit,”

”Bakal jadi tantangan besar hanya untuk bisa menyelesaikan balapan,”

”Bagi kami (rider) terkejut dengan keputusan mengurangi lap. Itu karena banyak lubang di tikungan terakhir,”

 

 

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads