alexametrics
Italian Junior 2020

Turnamen Dihentikan, Peluang Indonesia Sapu Bersih Lima Gelar Kandas

24 Februari 2020, 17:41:04 WIB

JawaPos.com-Hari ini seharusnya bertabur kabar gembira dari timnas junior bulu tangkis Indonesia yang berlaga di Italian Junior International Challenge 2020.

Kalau saja semua berjalan seperti sedia kala, skuad muda tersebut sudah mempersembahkan tiga gelar juara. Yakni, dari sektor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Plus masih ada dua peluang lagi di tunggal putra dan ganda putra.

Sayang, pesta kemenangan itu urung terjadi. Sisa laga dalam turnamen di Palabadminton, Milan, tersebut ditunda. Pemerintah Italia mengeluarkan surat edaran untuk menghentikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan massa di Milan. Penyebabnya, virus korona baru mewabah di Italia. Dua orang meninggal.

’’Dalam 24 jam terakhir, perkembangan penularan virus di sana luar biasa,’’ ungkap Sekretaris Jendral PP PBSI Achmad Budiharto saat dihubungi kemarin (23/2). ’’Ada kekhawatiran bisa mengontaminasi peserta. Mereka (pemerintah Italia, Red) khawatir perkembangannya lebih parah sehingga seluruh event yang memungkinkan orang untuk interaksi diberhentikan,’’ lanjut Budi, sapaannya.

Bagaimana dengan kelanjutan turnamen? Budi belum mengetahuinya secara pasti. Pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari BWF bahwa pertandingan itu akan dilanjutkan atau tidak. Kalau pertandingan tersebut tidak dilanjutkan, bagaimana penghitungan poin pemain kita? Menjadi juara, tentu poin yang mereka dapatkan cukup tinggi. Tentu sayang kalau itu melayang.

Tapi, ternyata, belakangan BWF tetap memberikan poin sampai yang dicapai para atlet. Selain itu turnamen resmi dihentikan. Tidak ditunda atau dialihkan ke hari yang lain.

Pada turnamen itu, sektor tunggal putri dikuasai empat pemain Indonesia. Siti Sarah Azzahra berjumpa dengan Komang Ayu Cahya Dewi. Lalu, Saifi Rizka Nurhidayah melawan Stephani Widjaja.

Sementara itu, gelar ganda putri dipastikan melalui pertemuan Melani Mamahit/Tryola Nadia dengan Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro pada partai final.

Kemudian ganda campuran, ada duel sesama pemain Indonesia, Crissandy Santosa/Melani Mamahit versus Lutfi Afriand/Lanny Tria Mayasari.

Di sektor tunggal putra, Indonesia mengirimkan dua wakilnya ke babak semifinal. Mereka adalah Muhammad Sultan Nurhabibu Mayang dan Sulistio Tegar.

Ganda putra juga mengirimkan satu wakil ke final yaitu Muhammad Rayhan Nur Fadillah/Rahmat Hidayat.

Saat ini tim Indonesia masih bertahan di Milan sambil menunggu keputusan resmi. Namun, hari ini mereka dijadwalkan berangkat ke Belanda untuk mengikuti Dutch Junior International 2020 di Haarlem.

’’Kami masih menunggu pertandingan berikutnya ada kendala atau tidak. Kami sudah punya rencana perjalanan. Tidak mudah untuk mengubahnya dalam waktu dekat,’’ ujarnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : feb/c20/na



Close Ads