alexametrics
Proliga 2020

Target Awal Surabaya Bhayangkara Samator; Sapu Bersih Seri Pertama

24 Januari 2020, 11:23:55 WIB

JawaPos.com – Proliga 2020 resmi bergulir hari ini. Juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator menjadi tuan rumah pada laga pembuka yang bergulir pada 24–26 Januari. GOR Remaja, Pekanbaru kembali dipilih sebagai home base tim kesayangan warga Jawa Timur tersebut.

’’Kami ingin ada pemerataan di proliga Indonesia. Selama ini lebih banyak terkonsentrasi di Pulau Jawa. Tahun lalu kami coba di Pekanbaru dan sukses. Sekarang mau ulangi lagi,’’ tutur Manajer Tim Samator Hadi Sampurno dalam konferensi pers di GOR Remaja kemarin (23/1).

Samator memang ingin agar proliga tidak hanya dinikmati lewat media sosial. Tetapi, fans juga bisa langsung menonton pemain idola mereka berlaga di lapangan.

Itu merupakan kali keempat Proliga diadakan di ibu kota Riau tersebut. Sebelumnya, pada 2012 dan 2014, Pekanbaru juga pernah dipilih sebagai tuan rumah oleh tim putri Jakarta PGN Popsivo Polwan.

Peta persaingan musim ini akan menarik. Setiap tim mengaku buta terhadap kekuatan peserta lainnya. Dengan begitu, mereka lebih fokus mempersiapkan tim masing-masing daripada mengurusi lawan. Samator kebagian dua kali bertanding pada seri pertama ini.

Rivan Nurmulki dkk akan ditantang Jakarta Garuda pada laga perdana Proliga musim ini. Tim besutan PP PBVSI itu beranggota pemain muda yang minim pengalaman. Selanjutnya, pada Minggu (26/1), Samator akan berhadapan dengan tim pendatang baru, Lamongan Sadang MHS.

Sebagai tuan rumah, Samator tentu tidak ingin kecolongan. Mereka bertekad menyapu bersih kemenangan pada dua laga tersebut. ’’Tentu dua laga itu tidak mudah,’’ tutur Hadi.

Pelatih Samator Ibarsjah Djanu mengungkapkan, dua kemenangan tersebut dibutuhkan agar bisa lolos ke babak selanjutnya, yaitu final four.

Meski komposisi pemainnya berasal dari generasi sangat muda, Jakarta Garuda tidak lantas gentar. Apalagi, pada musim sebelumnya, mereka pernah membuat tim papan atas itu keteteran. Hal tersebut terjadi pada seri kedua putaran pertama Proliga 2019 di Gresik. Tim asuhan Eko Waluyo itu berhasil membuat pertandingan berjalan ketat meski hasilnya kalah 1-3 (19-25, 19-25, 25-18, 22-25).

’’Tim kami memang (lebih) lemah daripada Samator. Tapi, kami akan berusaha merepotkan meraka,’’ ucap Eko.

Pada seri pertama ini hampir semua tim memastikan diperkuat dengan pemain asing sehingga kompetisi bakal seru. Rata-rata tim telah membereskan persyaratan kartu izin tinggal terbatas (kitas) dan International Transfer Certificate (ITC) para legiun asing tersebut.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : feb/c20/cak



Close Ads