alexametrics

Tulang Sudah Tersambung, Mario Suryo Aji Siap Berjuang di Moto3

23 Desember 2021, 11:15:41 WIB

JawaPos.com – Kabar baik datang dari pembalap kebanggaan Indonesia Mario Suryo Aji. Dalam acara daring media kemarin (22/12), pembalap 17 tahun itu menyebut kondisinya terus membaik.

Mario sempat mengalami cedera patah tulang paha kiri pada awal November lalu saat berlatih di Barcelona, Spanyol.

Pembalap binaan Astra Honda Motor (AHM) itu pun optimistis sudah pulih total saat musim balapan tahun depan dimulai pada 6 Maret mendatang di GP Qatar.

Tahun depan pembalap asal Magetan, Jawa timur, itu akan memulai debut di Grand Prix dengan tampil penuh pada ajang Moto3 di bawah bendera Honda Team Asia.

Mario menyebut untuk saat ini dirinya memang belum bisa menggeber motor. Namun, dia mulai berlatih bersepeda dengan rute flat. Tiga hari lalu dia juga telah menjalani pemeriksaan X-ray dan rontgen.

Hasilnya, tulang paha kirinya mulai kembali tersambung. Namun, memang belum 100 persen. ”Pemulihan sangat bagus. Cuma, memang masih perlu waktu,’’ ucap Mario.

Di Moto3 musim depan, Mario akan berduet bersama pembalap Jepang Taiyo Furusato di Honda Team Asia. Taiyo yang saat ini berusia 16 tahun merupakan jawara ajang Asia Talent Cup 2021.

Taiyo langsung melompat ke Moto3 tanpa melewati ajang FIM Cev Moto3 yang dalam tiga musim terakhir menjadi tempat Mario menempa diri sebelum terjun ke pentas Grand Prix.

FIM CEV sendiri mulai tahun depan berganti nama menjadi FIM Junior GP.

Menanggapi performa calon rekan setimnya itu, Mario menyebut sebagai partner yang impresif. Dia yakin bisa bekerja sama dengan baik bersama Taiyo untuk mengangkat performa Honda Team Asia di Moto3 2022.

Saat ditanya apakah yakin bisa lebih cepat dari Taiyo, Mario kembali optimistis. Pasalnya, dia punya kelebihan.

Yakni, bekal telah menempa diri tiga musim di FIM CEV Moto3. Spesifikasi motor yang digunakan pada ajang tersebut hampir mirip dengan yang akan digunakan di Moto3.

Selain itu, Mario punya kelebihan lantaran pernah merasakan langsung atmosfer Moto3. Itu terjadi saat dia tampil di ajang Moto3 musim ini pada GP Emilia-Romagna Oktober lalu (24/10). Saat itu, dia turun menggunakan jalur wild card.

Rizky Christianto, manajer Motorsport AHM, menyebut kehadiran Mario di pentas Grand Prix adalah buah dari konsistensi dan dedikasi AHM dalam membina pembalap-pembalap muda Indonesia selama ini.

Dia menambahkan, AHM akan terus berusaha memunculkan Mario-Mario lain di masa yang akan datang.

Itu mereka lakukan melalui berbagai program pembinaan balap berjenjang yang mereka miliki saat ini.

”AHM akan terus berdedikasi membawa nama Indonesia dan pembalap-pembalapnya ke jenjang balap tertinggi. Untuk Mario, saya harap bisa enjoy, cepat beradaptasi, dan perform dengan baik di Moto3 2022 mendatang,’’ ucap Rizky.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : irr/c6/dra

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads