alexametrics

Menang Di Aragon, Marquez Berpeluang Kunci Gelar Keenam Di Thailand

23 September 2019, 15:59:51 WIB

JawaPos.com– Seperti prediksi awal, bintang Repsol Honda Marc Marquez mulus saja meraih podium tertinggi di GP Aragon kemarin. Pembalap 26 tahun itu memimpin balapan 23 lap tersebut mulai awal hingga akhir. Menggeber motor sendirian di depan hingga menyentuh finis dengan gap 4,836 detik dari sang lawan di belakang.

Finis setelah Marquez adalah pesaing terdekatnya di klasemen pembalap, yakni Andrea Dovizioso. Pembalap Ducati itu tampil begitu impresif karena memulai balapan dari posisi kesepuluh hingga akhirnya meraih podium kedua.

’’Sejak awal kami sudah sangat yakin bisa podium. Meskipun harus memulai balapan dari posisi sangat belakang,’’ ucap Dovizioso sebagaimana dilansir Motorsport.

Ducati menggenapi raihan dengan menempatkan pembalap tim satelitnya, Pramac Racing, Jack Miller berdiri di podium ketiga. Itu finis tiga besar kali ketiga bagi Miller musim ini. Sebelumnya dia juga meraih posisi tersebut di Austin dan Brno.

’’Kelihatannya ini kemenangan mudah. Tapi, sesungguhnya kami bekerja sangat keras untuk meraihnya,’’ ucap Marquez sebagaimana dilansir Motorsport. ’’Pada Jumat (free practice 2), kami terjatuh. Karena itu, kami berusaha terus bangkit,’’ tambahnya.

Pembalap kelahiran Cervera, Spanyol, itu mengungkapkan bahwa diirnya memang membuat strategi kabur sejak awal. Itu terlihat dari pilihan ban yang agresif. Dia menggunakan medium-soft. Sementara itu, dua pembalap yang start dari posisi kedua dan ketiga, yakni Fabio Quartararo dan Maverick Vinales, membuat pilihan lebih aman, yakni medium-hard.

Yamaha sejatinya punya peluang mendapat podium dari Vinales. Rekan setim Valentino Rossi itu menjadi pembalap yang paling banyak menghabiskan waktu di posisi kedua sepanjang balapan. Sayang, di tiga lap terakhir dia mulai bermasalah dengan grip ban belakang motor yang mengakibatkan posisinya terus melorot hingga finis keempat.

Bagi Marquez, hasil balapan kali ini sekaligus membuatnya membuka peluang pertama untuk mengunci gelar juara dunia keenam di MotoGP pada balapan selanjutnya di GP Thailand (6/10). Kemenangan di Aragon kemarin membuat dia saat ini unggul 98 poin atas Dovizioso.

Marquez kini total memiliki 300 poin. Sementara itu, Dovizioso meraih 202 poin.

Jika di Buriram mendatang Marquez berhasil mengakhiri balapan dengan menambah keunggulan menjadi lebih dari seratus poin atas Dovizioso, dia akan berpesta di tanah Asia Tenggara tersebut. Sebab, jika skenario tersebut terjadi, dalam empat balapan tersisa setelah GP Thailand, Dovizioso secara matematis sudah tidak mungkin lagi mampu mengejar raihan poin Marquez.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c4/tom


Close Ads