alexametrics

Akhiri Puasa Gelar dalam 22 Balapan, Vettel: Saya Terus Mencoba

23 September 2019, 15:00:50 WIB

JawaPos.com–Finis di podium 1-2 merupakan pemandangan langka buat Ferrari sepanjang musim ini. Untuk kali pertama pada 2019, dua pembalap tim Kuda Jingkrak, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, melesat di dua posisi teratas GP Singapura tadi malam (22/9).

Vettel finis terdepan, terpaut +2,641 detik lebih cepat daripada Leclerc. Sedangkan posisi ketiga menjadi milik Max Verstappen (Red Bull). Hasil kemarin sekaligus mengakhiri puasa kemenangan Vettel yang tak pernah menang dalam 22 balapan. Kali terakhir Vettel menang terjadi pada GP Belgia, Agustus 2018.

Strategi pit stop lebih awal menjadi salah satu kunci kemenangan Vettel. Setelah memasuki lap ke-19, bersama Verstappen, Vettel masuk ke pit stop dan mengganti paket ban soft dengan paket hard. Pilihan itu terbukti jitu untuk membuatnya kembali ke lintasan dengan memanfaatkan keuntungan.

Di sisi lain, jagoan Mercedes Lewis Hamilton memutuskan untuk bertahan dengan paket ban soft dan memimpin hingga lap ke-26. Lalu masuk ke pit stop. ’’Saya pikir panggilan itu (pit stop) agak awal. Lalu, saya memberikan semuanya saat keluar lap. Sebab, saya melihat mobil di depan saya belum masuk pit stop, khususnya Lewis,’’ terang Vettel sebagaimana dikutip Sky Sports.

Leclerc yang memulai balapan dari posisi terdepan tetap mensyukuri bisa naik podium kedua. ’’Selalu sulit harus kehilangan kemenangan seperti itu, tetapi pada akhirnya ini menjadi posisi 1-2 buat tim,’’ katanya.

Ini menjadi kemenangan kali ketiga secara beruntun buat Ferrari sepanjang musim 2019. Kali terakhir mereka menciptakan tiga kemenangan beruntun pada musim 2008 lewat Kimi Raikkonen dan Felipe Massa.

Posisi 1-2 adalah pencapaian pertama Ferrari untuk kali pertama sejak GP Hungaria 2017.

”Saya memiliki energi luar biasa dalam beberapa pekan terakhir. Itu berupa pesan dari dunia balap, dari orang-orang yang saya tahu lama sebelumnya. Khususnya dari fans saya,” kata Vettel merespon keraguan yang sempat muncul, mempertanyakan kualitasnya.

”Ketika kamu membaca catatan dari orang-orang yang berjuang dalam hidupnya, beberapa di antaranya sangat intim dan privat. Bagi saya, itu memberikan banyak sekali rasa percaya diri dan tekad untuk terus mencoba,” imbuhnya.

Kemenangan Vettel ini membuat tim Kuda Jingkrak mendapat angin segar. Apalagi, mereka datang ke Singapura dengan sejumlah perubahan positif di SF90.

Sementara itu, bagi Mercedes, terlempar dari podium menjadi hasil minor yang jarang mereka ciptakan sejak awal musim. Untuk kali kedua, dua pembalap mereka, Hamilton dan Valtteri Bottas, terlempar dari tiga besar. Hamilton finis keempat, sedangkan Bottas satu setrip berikutnya.

Hasil GP Singapura sedikit mengubah klasemen lima besar pembalap. Leclerc yang mendapat tambahan 18 poin menyamai capaian 200 poin Verstappen. Lalu, pembalap Monako itu menggeser posisi Verstappen dari peringkat ketiga. Selanjutnya, para pembalap terbang ke Sochi untuk melakoni GP Rusia Minggu pekan depan (29/9).

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c19/tom



Close Ads