alexametrics

Toprak Razgatlioglu Puas Jajal Motor MotoGP Yamaha

23 Juni 2022, 09:59:31 WIB

JawaPos.com – Janji Yamaha memberi Toprak Razgatlioglu kesempatan menjajal motor MotoGP YZR-M1 benar-benar mereka penuhi.

Dua hari terakhir, pembalap yang membawa Yamaha menjadi kampiun ajang Superbike (WSBK) 2021 itu menjalani tes privat MotoGP di Sirkuit Motorland Aragon.

Di kesempatan tersebut, pembalap Turki itu melibas 40 lap. Dia ditemani test rider Yamaha di MotoGP, Cal Crutchlow.

’’Ini kali pertama aku menjajal motor MotoGP Yamaha M1. Rasanya jauh berbeda dengan R1 milikku. Tenaga lebih besar, sistem elektronik berbeda, girboks yang lebih mulus.”

”Semuanya benar-benar baru untukku,’’ ucap Toprak dilansir Motorsport.

Yamaha tidak merilis foto sama sekali saat Toprak mengendarai YZR-M1. Pabrikan yang bermarkas besar di Iwata, Shizuoka, Jepang, itu juga tidak mengeluarkan catatan waktu resmi yang didapat Toprak dalam tes privat tersebut.

Yamaha juga tidak menjelaskan jenis motor YZR-M1 yang digunakan Toprak adalah yang terbaru atau edisi tahun lalu.

Yang jelas, pembalap 25 tahun itu sejatinya ingin melahap lap lebih banyak. Namun, hujan yang turun di Aragon pada sesi sore memaksanya menghentikan tes lebih cepat.

’’Secara keseluruhan aku merasa menjalani tes ini dengan hasil positif. Tidak mudah memang beradaptasi dengan motor MotoGP. Tapi, aku sangat menikmatinya,’’ ucap Toprak.

Managing Director Yamaha untuk MotoGP Lin Jarvis beberapa waktu lalu sempat mengutarakan bakal memberi Toprak kesempatan untuk mendapatkan kursi MotoGP jika dia berminat.

Syaratnya, Toprak harus membuktikan mampu beradaptasi dengan cepat.

Jarvis menyebut, di usianya yang sudah 25 tahun, Toprak tidak memiliki banyak waktu jika ingin pindah ke MotoGP. Meski demikian, peluang pindah itu tidak akan hadir dalam waktu dekat.

Apalagi, Yamaha baru saja kehilangan tim satelit di MotoGP, yakni RNF Racing. Musim depan tim itu pindah haluan menjadi tim satelit Aprilia.

Di sisi lain, Toprak di WSBK tahun ini masih tampil solid. Dia sementara bertengger di peringkat ketiga klasemen pembalap.

Bersaing ketat dengan pembalap Ducati Alvaro Bautista dan pembalap Kawasaki Jonathan Rea yang menduduki peringkat pertama dan kedua.

Nah, tes MotoGP ini menjadi salah satu apresiasi Yamaha setelah Toprak mampu mengantar Yamaha menjadi kampiun WSBK lagi tahun lalu.

Itu adalah gelar kedua Yamaha di WSBK. Satu-satunya gelar lain Yamaha di ajang tersebut didapat 12 tahun silam pada edisi 2009 melalui Ben Spies.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : irr/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads