alexametrics

Rekan Setim Kecelakaan, Mario Suryo Aji Bertarung Sendiri di GP Qatar

23 Februari 2022, 09:12:51 WIB

JawaPos.com – Pembalap Indonesia satu-satunya di Moto3 musim ini, Mario Suryo Aji, Senin (21/2) menyelesaikan tes resmi pramusim di Sirkuit Internasional Algarve, Portugal.

Honda Team Asia, tim yang menaungi Mario saat ini, memastikan pembalap asal Magetan tersebut siap terjun di seri perdana GP Qatar pada 6 Maret mendatang.

Dalam tes pramusim yang berlangsung selama tiga hari itu, Mario membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 49,226 detik. Hasil tersebut membuatnya bercokol di peringkat ke-28.

Terpaut 2,236 detik dari pembalap Leopard Racing Honda, Dennis Foggia. Pembalap asal Italia itu membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 46,990 detik.

Manajer Honda Team Asia Hiroshi Aoyama menyebutkan bahwa Mario memang menjalani tes pramusim dengan kondisi belum 100 persen fit. Itu akibat cedera patah tulang paha kanan yang didapatnya pada Oktober lalu.

Namun, Aoyama menyebut hasil tes pramusim dari pembalap 17 tahun itu tetap memuaskan dan terus menunjukkan peningkatan performa.

’’Memang masih jauh dari ideal. Tapi, setiap keluar ke lintasan, dia terus membaik dan membaik. Dia begitu percaya diri dan selalu lebih cepat,’’ ucap Aoyama dalam rilis resmi Honda Team Asia.

Aoyama juga memastikan Mario bertarung sendirian di GP Qatar mendatang.

Sebab, rekan setimnya, Taiyo Furusato, bakal absen karena masih dalam masa pemulihan cedera akibat kecelakaan yang dialaminya pada tes privat di Sirkuit Jerez pekan lalu.

’’Dia telah menjalani operasi. Kami berharap dia akan pulih secepat mungkin,’’ ucap Aoyama.

Mario menyebut sudah tak sabar tampil di GP Qatar. Meskipun, dia mengakui di tes pramusim kemarin catatan waktu yang didapatnya belum sesuai dengan target terbaik yang diinginkan.

’’Kami mencoba beberapa setelan motor berbeda dan mulai menemukan yang paling pas. Memang belum mendapat waktu tercepat, tapi aku mulai mendapatkan feeling membalap dengan motor ini,’’ ucap Mario.

Editor : Candra Kurnia

Reporter : irr/c12/dra

Saksikan video menarik berikut ini: