alexametrics

Kompensasi Bisa Jadi Solusi atas Kasus yang Menimpa Lee Zii Jia

23 Januari 2022, 19:06:08 WIB

JawaPos.com-Lee Zii Jia membuat heboh fans bulu tangkis di Malaysia. Tunggal putra nomor satu Malaysia itu mendapatkan hukuman dari Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM). Tak tanggung-tanggung. Lee dihukum larangan bertanding selama dua tahun di turnamen internasional.

Penyebabnya, pada 11 Januari lalu Lee memilih mundur dari tim nasional dan memilih menjadi pemain profesional. Hingga kemarin, belum ada titik temu antara pihak Lee dan BAM.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu pun berniat menjadi mediator. Mereka punya kepentingan karena Lee saat ini tercatat sebagai tunggal putra terbaik di Malaysia. Juara All England 2021 itu saat ini menempati ranking ketujuh dunia.

Namun, ada solusi yang ditawarkan legenda bulu tangkis Malaysia Misbun Sidek. Menurut dia, Lee tetap bisa menjadi pemain profesional. Caranya, membayar kompensasi kepada BAM.

Cara tersebut pernah dilakukan Roslin Hashim dan Ismail Saman meninggalkan BAM untuk bergabung dengan klub profesional Nusa Mahsuri.

Roslin harus membayar sekitar RM 67.000, sedangkan Ismail harus membayar RM 44.000. Itu sebagai konsekuensi atas keputusannya meninggalkan tim nasional.

”Keduanya punya alasan untuk meninggalkan BAM saat itu, mereka ingin datang dan berlatih di bawah naungan saya di Nusa. Mereka menginginkan pelatih yang dapat membantu mereka mencapai tujuan mereka,” kata Misbun seperti dikutip The Star.

”Nusa membayar sebagian, sementara kami juga mengumpulkan uang dari masyarakat dan banyak yang memberikan dukungan. Kami berhasil membayar semuanya. Kemudian, ada konsekuensi keluar dari timnas,” ujarnya.

Misbun juga tak paham alasan Lee meninggalkan timnas. ”Saya tidak lagi berada di tim nasional dan sulit untuk mengetahui mengapa dia pergi,” timpal Misbun.

”Saya bertemu dengannya pada hari dia mengajukan pengunduran diri. Saya terkejut dengan keputusannya, tetapi saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuknya di tahap selanjutnya dalam hidupnya,” ungkapnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c13/bas

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads