alexametrics

Toprak Razgatlioglu Selesaikan Tes Hari Pertama Dengan Yamaha MotoGP

22 Juni 2022, 14:39:30 WIB

JawaPos.com – Juara bertahan WSBK Toprak Razgatlioglu akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menjajal motor MotoGP.

Tes privat hari pertama tersebut digelar di Sirkuit Aragon, Spanyol, pada Selasa (21/6).  Sayang, tes tersebut tidak bisa berjalan maksimal karena kendala hujan.

Pada hari pertama Toprak melalap 40 lap. Dalam tes tersebut juga tampil pembalap uji Yamaha Cal Crtuchlow yang catatan waktunya dijadikan tolok ukur bagi pencapaian Razgatlioglu.

Pada stint pertamanya dia melakukan 12 lap untuk menjajal berbagai jenis ban. Setelah itu beberapa kali melahap beberapa lap yang lebih pendek.

”Ini adalah hari pertamaku mengendarai Yamaha M1. Motor yang sama sekali berbeda dengan (Yamaha) R1 (motor yang dipakai di WSBK),” ucapnya.

”Tenaga lebih besar, elektronik yang berbeda, seamless gearbox, semuanya benar-benar baru bagiku.”

”Dalam setiap lap aku terus belajar. Karena setelah (mengendarai motor) WSBK tidak mudah untuk beradaptasi dengan motor MotoGP.”

”Beruntung, ada Cal Crutchlow yang memberiku nasihat dan masukan. Itu sangat membantu, terutama di lintasan lurus yang sangat cepat. Menarik sekali menjajal rem karbon.”

Razgatlioglu mendapatkan kesempatan tes privat bersama Yamaha setelah menjuarai WSBK tahun lalu. Kemenangan tersebut sekaligus mengakhiri dominasi Kawasaki di balapan level tertinggi untuk motor produksi masal.

Setelah itu muncul isu bahwa dia akan mendapatkan kesempatan untuk naik ke MotoGP. Namun Bos Yamaha Lin Jarvis telah menyatakan bahwa tidak ada tempat baginya setidaknya untuk musim depan.

 

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads