alexametrics

Bintang Real Madrid dan Arsenal Akan Turun pada Balapan Virtual Monako

22 Mei 2020, 12:09:25 WIB

JawaPos.com – Balapan formula khusus perempuan, W Series, akhirnya menyusul menggelar balapan virtual di tengah belum pastinya musim kompetisi.

Kemarin (21/5) mereka mengumumkan kalender balap yang dimulai 11 Juni mendatang. Sepuluh balapan dijadwalkan bergulir setiap tengah pekan sampai 13 Agustus.

Seperti halnya balapan aslinya, W Series Esports League hanya diikuti pembalap perempuan. Sebanyak 18 pembalap yang lolos kualifikasi untuk tampil pada W Series musim 2020 diharapkan ambil bagian.

Salah satunya juara bertahan W Series Jamie Chadwick. Pembalap asal Inggris tersebut menyatakan kangen berat membalap di lintasan resmi. Tetapi, rencana balapan virtual W Series juga membuatnya antusias.

’’Saat aku melihat daftar sirkuit, ini benar-benar menjadi jadwal balap yang menggiurkan,’’ katanya dalam laman resmi W Series.

Chairman W Series David Coulthard mengatakan, timnya terus berusaha mempersiapkan musim ini supaya bisa segera bergulir kembali. Agar tetap memberikan tontonan yang menarik bagi fans, balapan virtual dirasa bisa mengobati kerinduan mereka.

’’Kami senang bisa merancang hal terbaik lainnya, W Series Esports League, yang akan berlangsung di 10 sirkuit terbaik di dunia,’’ ujarnya. Sirkuit-sirkuit tersebut, antara lain, Monza, COTA, Spa-Francorchamps, Suzuka, Nurburgring, dan Silverstone.

Dari ajang balapan virtual F1, dilaporkan seri keenam akan berlangsung di sirkuit jalanan Monako Senin dini hari (25/5). Sejumlah debutan akan mengisi line-up pembalap pada seri berikutnya. Di antaranya, Valtteri Bottas (Mercedes) dan Esteban Ocon (Renault).

Mereka akan bergabung dengan pembalap langganan virtual race seperti Alexander Albon (Red Bull), Lando Norris (McLaren), George Russell (Wiliams), serta Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo). Ini menjadi rekor partisipan terbanyak dari kalangan pembalap F1.

Selanjutnya, format balapan berlangsung dalam 39 lap atau separo jarak balapan sesungguhnya. Sebelum itu, para pembalap menjalani sesi kualifikasi dengan durasi 18 menit.

CEO F1 Esports Julian Tan menyebut lebih dari 20 juta penonton sudah menyaksikan virtual race hingga saat ini. ’’Kami sangat senang mengumumkan line-up terkuat dari pembalap F1 bersama bintang lain dari dunia olahraga dan hiburan,’’ katanya sebagaimana dilansir Motorsport.

Pesepak bola top dunia kembali mewarnai line-up balapan virtual F1. Ada kiper Real Madrid Thibaut Courtois dan penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang yang bergabung.

Courtois kembali mewakili Alfa Romeo, sedangkan Aubameyang akan menjalani debut bersama McLaren. Pelantun lagu Despacito Luis Fonsi juga akan mewakili Racing Point pada balapan tersebut. ’’Aku jelas butuh banyak masukan tentang balapan virtual. Aku butuh bantuanmu, Bro,’’ ucap Aubameyang kepada Norris.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c19/cak



Close Ads