Kembangkan Mesin Sendiri, Red Bull Bajak Banyak Sosok Penting Mercedes

22 Januari 2022, 16:43:53 WIB

JawaPos.com – Red Bull sedang serius membangun divisi pengembangan mesinnya sendiri menyusul mundurnya Honda dari Formula 1 akhir musim lalu.

Sejumlah sosok penting sudah didatangkan dari tim rival Mercedes sejak setahun silam. Salah satunya adalah Ben Hodgkinson yang bakal menjabat posisi penting sebagai direktur teknis.

Sebenarnya Hodgkinson sudah diumumkan akan menduduki jabatan tersebut di Milton Keynes (markas Red Bull) sejak April 2021. Namun kontraknya dengan Mercedes sendiri baru kedaluwarsa Desember.

Sejak saat itu, kabar pindahnya Hodgkinson menjadi tidak jelas. Apalagi ditambah sengitnya persaingan kedua tim sekaligus hubungan yang memanas akibat persaingan Max Verstappen dan Lewis Hamilton sepanjang musim lalu.

Namun Jumat waktu setempat baik Mercedes dan Red Bull mengumumkan bahwa Hodgkinson akan mulai bergabung ke Milton Keynes pada Mei tahun ini setelah keduanya mencapai kesepakatan.

”Mercedes F1 dan Red Bull F1 hari ini mencapai kesepakatan terkait dengan penunjukan Ben Hodgkinson,”

”Dalam kesepakatan itu, Ben, yang telah bergabung dengan Mercedes sejak Agustus 2001 akan bebas bergabung dengan Red Bull Powertrains sejak 24 Mei 2022,”

Hodgkinson sudah menjabat kepala mechanical engineering di Mercedes High Performance Powertrains sejak 2017. Dia juga telah bekerja di markas pabrikan Jerman itu di Brixworth selama 20 tahun.

”Senang sekali kami menyambut bergabungnya Ben di Red Bull Powertrains sebagai direktur teknis. Dia akan bergabung di proyek besar ini sebagai orang yang bepengalaman menjadi pemenang balapan dan sebagai inovator yang mampu memimpin para insinyur dengan skil tinggi,” ucap Team Principal Red Bull Christian Horner.

Hodgkinson bukan satu-satunya anggota tim Mercedes yang dibajak Red Bull. Ada lima staf lainnya yang juga bergabung dengan Red Bull sepanjang tahun lalu.

Kepala Manufaktur Mercedes Steve Blewett didapuk sebagai direktur produksi power unit (mesin).

Kemudian ada Omid Mostaghimi, yang sebelumnya menjadi kepala tim elektronik Mercedes F1, menjabat sebagai kepala divisi powertrain, elektronik, dan ERS.

Pip Clode, kepala tim untuk konsep power unit Mercedes, menjadi kepala perancang mekanikal ERS.

Satu lagi, Anton Mayo, kepala tim engineering Mercedes, akan mengepalai divisi perancangan ICE pada power unit. Sedangkan Steve Brodie, manajer inspeksi akhir (sebelum balapan) dan pinggir trek, akan menjabat kepala operasi ICE.

 

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads