alexametrics

Hasil Balapan F1 GP Qatar: Hamilton Juara, Alonso Podium Ketiga

21 November 2021, 22:47:43 WIB

JawaPos.com – Pembalap Mercedes Lewis Hamilton memenangi balapan Formula 1 GP Qatar. Rival terdekatnya Max Verstappen finis runner up.

Penampilan mengejutkan dari Fernando Alonso (Alpine) berhasil menggenapi podium terakhir. Ini menjadi podium pertama juara dunia dua kali F1 tersebut sejak 2014.

”Aku senang. Aku sudah menunggu podium ini sejak lama,” ucap Alonso.

Dengan hasil tersebut Verstappen kehilangan keunggulan lima poin dari Hamilton.

Kini surplus poin pembalap Balanda itu hanya tinggal 8 angka.

Verstappen harus start dari posisi ketujuh karena dijatuhi penalty grid lima posisi karena dianggap tidak menghiraukan double yellow flag pada sesi kualifikasi Sabtu (20/11).

Penalti karena melanggar yellow flag juga dijatuhkan kepada Valtteri Bottas. Namun hanya turun tiga grid start karena melanggar single yellow flag yang disebabkan insiden kecelakaan Pierre Gasly.

Bottas start dari posisi keenam, sedangkan Gasly yang menyebabkan yellow flag di sesi kualifikasi itu naik ke posisi start dua.

Lewis Hamilton melakukan start bagus dan meninggalkan cukup jauh pembalap yang start dari posisi kedua dan tiga, yakni Pierre Gasly (Alpha Tauri) dan Fernando Alonso (Alpine).

Alonso berhasil menyalip Gasly di tikungan 4 dan merebut posisi kedua.

Max Verstappen berhasil menyalip tiga pembalap saat start dan mengamankan posisi keempat.

Pada lap keempat Verstappen menyalip Gasly untuk merebut posisi ketiga.

Lap berikutnya, Verstappen juga sukses menyalip Alonso di trek lurus. Hanya dalam lima lap, Verstappen yang start dari posisi ketujuh sudah berada di posisi kedua dan langsung head to head dengan Hamilton.

Pada lap-18 Verstappen pit stop pertama untuk mengganti ban dengan medium. Dia kembali ke lintasan di posisi yang sama dengan sebelum pit, yakni kedua.

Lap berikutnya, Mercedes meresposnya dengan memanggil Hamilton ke pit. Berbeda dengan Verstappen, Mercedes memasang ban hard di mobil Hamilton.

Dia kembali ke trek dengan mempertahankan posisinya sebagai pimpinan balapan sekaligus menjaga jarak dari Verstappen menjadi 10 detik.

Lap 30 Sergio Perez (Red Bull) menyalip Alonso di posisi keempat. Persaingan berebut podium terakhir terbuka dengan Bottas.

Draman terjadi di lap 34. Bottas mengalami pecah ban depan sebelah kiri. Dia adalah satu-satunya pembalap yang belum melakukan pit stop selama 33 lap dengan ban medium.

Beruntung dia masih bisa melakukan pit stop untuk mengganti ban sekaligus sayap depan yang rusak.

Bottas kembali ke trek di urutan ke-14.

Lap 42 Verstappen pit kedua dan mengganti dengan medium. Karena jaraknya sudah terlalu jauh dari Hamilton, yakni 8,5 detik, Verstappen akan memburu fastest lap untuk mengamankan tambahan satu poin.

 

 

 

Editor : Candra Kurnia

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads