alexametrics
SEA Games 2019

Penakluk Nomor 1 Dunia, Penasaran Dengan Emas Individual SEA Games

21 November 2019, 17:06:57 WIB

JawaPos.com-Riau Ega Agatha Salsabila masih menjadi pemanah recurve terbaik yang dimiliki Indonesia di sektor putra. Dia pernah tampil dalam Olimpiade Rio 2016 dan Asian Games 2018.

Pada Olimpiade Rio itu, Ega sempat menggebrak. Dia mengalahkan pemanah nomor satu dunia dan kolektor empat emas Kejuaraan Dunia asal Korea Selatan Kim Woo-jin pada babak 32 besar.

Pada event yang disebut terakhir, dia bahkan merebut perunggu. Namun, di ajang SEA Games, peruntungannya kurang oke. Terjun sejak 2011, dia belum pernah sekali pun merebut emas dari nomor individu.

Dari tiga emas yang diraih di multievent Asia Tenggara itu, semua direbut dari nomor mixed team alias beregu campuran. Dia pernah berduet dengan Erwina Safitri, Ika Yuliana Rochmawati, hingga partnernya sekarang, Diananda Choirunisa. Nah, di SEA Games kali ini, dia punya target pribadi. ’’Saya pengin juga merasakan dapat emas dari sektor perorangan,’’ kata Ega.

Di recurve individual, Ega punya pesaing berat. Yakni, Khairul Anuar Muhammad. Pemanah asal Malaysia itu menempati peringkat ke-9 dunia. Prestasi terakhirnya adalah meraih perak Kejuaraan Dunia 2019 di ’s-Hertogenbosch, Belanda, Juni lalu.

Capaian itu meloloskan pemanah 28 tahun tersebut ke Olimpiade 2020 Tokyo.

Di sisi lain, Riau tampil buruk pada kejuaraan dunia lalu. Dia hanya bisa menembus babak kedua. Kalah oleh Khairul dengan skor 2-6. Untung, meski inferior, Ega tidak gentar. Apalagi, dia dan Khairul berteman baik di luar lapangan.

’’Untuk jam terbang, saya memang masih kalah. Hanya, paling tidak saya bisa lebih enjoy. Bertemu dia juga nggak deg-degan banget,’’ tutur Ega. ’’Karena sering sharing dan ngobrol, dari situ saya tahu cara dia setting busur panah. Memang kalah urusan belakang. Yang penting, saya fight habis-habisan dulu,’’ tandas pemanah asal Blitar, Jawa Timur, itu.

SKUAD PANAHAN

Recurve Putri:

Diananda Choirunisa

Asiefa Nur Haenza

Titik Kusumawardani

Linda Lestari

Recurve putra:

Riau Ega Agatha Salsabila

Ryan Rafi Adiputro

Hendra Purnama

Arif Dwi Pangestu

Compound putra:

Yoke Rizaldi Akbar

Prima Wisnu Wardhana

M. Rindarto

Kevin Julianto

Compound putri:

Kayla Adinda Utomo

Sri Ranti

Triya Rizki Adriyani

Yurike Nina Bonita

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c19/na



Close Ads