alexametrics

Honda Jadi Juara Konstruktor Terbanyak, Marquez: Kami Suka Tantangan!

21 Oktober 2019, 17:00:31 WIB

JawaPos.com– Sekali lagi balapan MotoGP hanya menjadi milik Marc Marquez dan Fabio Quartararo. Bukan hanya duel keras di lap pertama, mereka juga meraih dua gelar di GP Jepang kemarin. Marquez membantu Honda mengunci gelar juara konstruktor untuk keempat kalinya secara beruntun, sedangkan Quartararo memastikan gelar Rookie of the Year MotoGP 2019.

Balapan langsung dibuka dengan pertarungan keduanya. Marquez melakukan start hebat dan mempertahankan posisinya sebagai pimpinan lomba setelah melewati tikungan pertama. Quartararo memberikan perlawanan sengit dengan menyalip Marquez di tikungan ketujuh. Namun, tiga tikungan kemudian, dengan manuver agresif, Marquez menancapkan motornya ke sisi dalam tikungan 10 sehingga Quartararo terpaksa menghindari senggolan dan kehilangan momen untuk menyerang balik. Setelah itu, Marquez tak terkejar lagi sampai finis.

Kemenangan di Motegi menambah satu lagi gelar yang ingin dikemas Marquez tahun ini. Setelah mengunci gelar juara pembalap 2019 di GP Thailand dua minggu lalu (6/10), pembalap Repsol Honda tersebut kemarin mempersembahkan gelar konstruktor untuk Honda.

Bagi Honda, gelar ini terasa sangat manis. Karena mereka bisa berpesta sekali lagi di balapan kandangnya di Sirkuit Twin Ring Motegi. Kemenangan Marquez membuat Honda unggul 86 poin dari Ducati yang menjadi pesaing terdekat di klasemen konstruktor.

Dengan tiga balapan tersisa, margin poin tersebut mustahil dikejar. ”Ada sedikit tekanan untuk memenangkan gelar konstruktor di Jepang. Tapi, toh aku memang suka tekanan. Gelar ini untuk semua orang di dalam tim yang telah bekerja sangat keras,” ucap Marquez dilansir situs resmi Repsol Honda.

Ada kejadian unik setelah balapan usai. Motor Marquez mogok karena kehabisan bahan bakar. Dia terpaksa dibantu dorong oleh Hafidz Syahrin menuju parc ferme. ”Kami memprediksi rata-rata pace-ku 1 menit 46 detik. Tapi, ternyata aku bisa melaju lebih kencang di 1 menit 45 detik atas. Makanya aku sempat menurunkan kecepatanku di akhir-akhir lomba karena khawatir tidak finis akibat kehabisan bahan bakar,” terang Marquez.

Trofi juara konstruktor membuat Honda semakin digdaya di kelas premier. Dalam sembilan tahun terakhir, mereka sudah mengumpulkan delapan juara konstruktor. Sejak 2011, mereka hampir selalu menjadi nomor satu. Hanya di 2015 gelar itu lepas ke tangan Yamaha. Yakni, ketika tim tersebut diperkuat Jorge Lorenzo yang saat ini membela Honda.

Total Honda sudah mengumpulkan gelar konstruktor sebanyak 70 buah dari berbagai kelas. Khusus MotoGP, itu merupakan gelar ke-25. Jumlah tersebut membuat Honda makin merajai dengan menjadi pengumpul gelar konstruktor MotoGP terbanyak sepanjang masa. Yamaha menjadi pesaing terdekat dengan selisih 11 gelar.

Kemenangan Marquez itu menjadi victory ke-54-nya sepanjang karir di MotoGP. Menyamai rekor legenda Honda Mick Doohan di kelas premium (saat itu 500 cc).

Kini, target Marquez tinggal satu dalam mengejar triple crown di MotoGP 2019. Yakni, gelar juara tim. Saat ini Repsol Honda masih tertinggal dari rival terdekatnya Mission Winnow Ducati dengan selisih 17 angka. Untuk memburu gelar tersebut, Marquez harus bekerja lebih keras karena rekan setimnya, Jorge Lorenzo, belum bisa diharapkan untuk membantunya. Dari 383 poin yang diraih Repsol Honda sejauh ini, 91,4 persennya disumbangkan Marquez.

TRIVIA MOTOGP JEPANG

*GP Jepang ini menjadi podium ke-100 bagi Andrea Dovizioso di sepanjang karirnya dari berbagai kelas.

*Tambahan 20 poin membuat Fabio Quartararo menggeser Valentino Rossi dari peringkat keenam klasemen pembalap.

*Podium tertinggi ini menjadi kemenangan kali keempat beruntun bagi Marquez sejak GP San Marino.

*Gelar konstruktor tahun ini membuat Honda mengamankan trofi tersebut empat tahun berturut-turut. Menyamai raihan mereka pada 2011-2014.

*Di klasemen tim, Repsol Honda sudah mengumpulkan 383 poin. Dan 91,4 persen (350 poin) di antaranya disumbang Marquez. Lorenzo menyumbang sisanya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/c25/cak



Close Ads