alexametrics

Ada Tanda-Tanda Marquez Bakal Ganas di Aragon

21 September 2019, 14:51:18 WIB

JawaPos.com-Dominasi pembalap Repsol Honda Marc Marquez di GP Aragon dalam tiga musim terakhir tampaknya akan berlanjut tahun ini. Tanda-tandanya sudah tampak dalam sesi latihan bebas pagi (FP 1) dan sore (FP 2) kemarin.

Dalam sesi FP 1 Marquez langsung melompat jadi yang tercepat dengan membukukan catatan waktu 1 menit 46,689 detik. Raihan itu bahkan bertahan menjadi yang terbaik sampai sesi FP 2 berakhir.

Selain itu, catatan waktu ini juga terpaut hanya 0,2 detik dari rekor lap terbaik GP Aragon atas namanya sendiri yang tercetak pada 2015 silam. “Setelah kemenangan luar biasa di Misano saya memang sudah tidak sabar untuk membalap lagi,” ucap Marquez dilansir AFP.

Catatan waktu ini membuatnya unggul satu detik lebih dari pembalap terdekat yakni Maverick Vinales di FP 1. Rider Monster Energy Yamaha itu berada di posisi kedua terpaut 1,617 detik dari Marquez. Pembalap Petronas Yamaha SRT Fabio Quartararo menempati posisi ketiga dengan catatan waktu 1 menit 48,870 detik. Terpaut 2,001 detik dari Marquez.

Pada FP 2 Marquez memang hanya menempati posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 48,204 detik. Namun, hasil itu bukan menjadi gambaran sesungguhnya.

Pasalnya, di menit-menit terakhir dia sengaja berganti dengan mencoba ban belakang hard saat pembalap lain masih menggunakan soft. Hal ini ditengarai sebagai persiapan strategi lantaran pada sesi kualifikasi hari ini diprediksi akan turun hujan.

Meski demikian, catatan waktu terbaiknya di FP 1 tetap tak terkalahkan. Vinales yang tercepat di FP 2 hanya membukukan catatan waktu 1 menit 48,014 detik. Itu masih terpaut 1,145 detik dari raihan terbaik Marquez di FP 1. Rekan setim Vinales, Valentino Rossi tercepat kedua di FP2 dengan catatan waktu 1 menit 48,071 detik. Terpaut 1,202 detik dari raihan terbaik Marquez.

Marquez sempat kehilangan konsentrasi di sesi akhir FP 2. Dia terjatuh di tikungan delapan. Untungnya kejadian itu tidak membuatnya cedera sama sekali. (irr/tom)

Editor : Ainur Rohman

Reporter : irr/tom



Close Ads