Tinggal Butuh Satu Kemenangan, Samator Bisa Lolos ke Final Four

21 Februari 2022, 21:47:42 WIB

JawaPos.com-Surabaya Bhayangkara Samator (SBS) meraih kemenangan perdananya di putaran kedua Proliga musim 2022. Kemarin (20/2) SBS menaklukkan Kudus Sukun Badak (KSB) dengan skor mutlak 3-0 (25-19, 26-24, 25-19). Laga keduanya berlangsung di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto Sentul, Bogor.

Raihan tiga poin atas KSB sangat penting bagi Rendy Tamamilang dkk untuk bisa lolos ke final four. Apalagi, dua kekalahan sebelumnya oleh Jakarta BNI 46 (0-3) dan Bogor LavAni (1-3) sempat membuat posisi SBS terancam.

Karena itu, kemenangan yang diraih kemarin cukup melegakan. Saat ini SBS menempati peringkat ketiga klasemen dengan 13 poin. Sementara itu, KSB di posisi kelima dengan tujuh poin.

KSB merupakan kompetitor utama SBS dalam ambisi menembus ke babak selanjutnya. Sebab, jika kondisinya berbalik, KSB sebetulnya bisa menggeser SBS di posisi keempat yang menjadi batas minimal lolos ke babak final four.

Karena itu, pelatih SBS Sigit Ari Widodo sangat mensyukuri kemenangan tim. Kini SBS menyisakan dua pertandingan. Masing-masing menghadapi Palembang Bank Sumsel Babel (26/2) dan Jakarta Pertamina Pertamax (JPX) pada 5 Maret. SBS hanya butuh minimal satu kemenangan untuk bisa mengunci tiket final four.

’’Alhamdulillah. Tapi, kami butuh dua kemenangan agar mental tim semakin naik dan berkembang,’’ katanya kepada Jawa Pos kemarin.

Pemain SBS Nizar Zulfikar menyatakan, sejak awal seluruh elemen tim berkomitmen bisa mengalahkan KSB untuk bisa memperlebar jarak poin.

’’Jadi, kunci kemenangan ini lebih tepatnya karena semangat anak-anak ketika bermain lawan Sukun,’’ ujarnya seusai pertandingan.

Pemain berposisi tosser itu menyatakan, di putaran kedua tersebut, persiapan tim agak bermasalah karena beberapa pemain terpapar Covid-19. Itu membuat tim belum sepenuhnya menemukan pola permainan yang pas.

Namun, seiring berjalannya waktu, tim mulai berbenah. Legiun asing asal Pakistan Aimal Khan disebutnya tampil sangat baik sebagai point maker bagi tim. ’’Di dua laga pertamanya ini, saya akui dia luar biasa. Langsung menyatu dengan para pemain,’’ puji Nizar.

Kerja sama Nizar dan Aimal begitu apik. Bola-bola umpan Nizar kerap dimaksimalkan Aimal untuk menyumbang poin. ’’Meskipun sebelumnya ada kesulitan karena perbedaan tinggi badan dan perbedaan tosser dari negaranya,’’ ujarnya.

Sementara itu, asisten pelatih KSB Miko Fajar menyatakan bahwa recovery bagi pemain kurang. Sebab, sehari sebelumnya mereka harus bermain lima set melawan Palembang. Praktis, istirahat kurang dari 24 jam.

Selain itu, tidak adanya Fahri Septian Putratama yang positif terpapar Covid-19 membuat serangan kurang variatif.

Di sektor putri, Jakarta Pertamina Fastron (JPF) belum terbendung dan mencatatkan kemenangan keenamnya di Proliga. Mereka menaklukkan Jakarta Elektrik PLN (JEP) dengan skor 3-1 (25-22, 25-20, 24-26, 25-19) kemarin.

Manajer Tim JPF Widi Triyoso menyebutkan, tim besutan Octavian itu selalu melakukan evaluasi setiap usai laga. ’’Jadi, setiap pertandingan semua pemain sudah siap diturunkan. Karena kami tidak ada pemain inti dan cadangan. Semua sama sehingga semua siap diturunkan,’’ kata Widi.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c12/bas

Saksikan video menarik berikut ini: