alexametrics

Novak Djokovic Resmi Raih Grand Slam ke-18, 9 dari Australian Open

21 Februari 2021, 18:18:48 WIB

JawaPos.com-Novak Djokovic resmi meraih gelar grand slam nomor 18. Pada final Australian Open 2021 di Rod Laver Arena, Melbourne hari ini (21/2), Djokovic mengalahkan Daniil Medvedev lewat straight set dengan skor 7-5, 6-2, dan 6-2.

Ini adalah gelar kesembilan Djokovic pada Australian Open. Djokovic sekali lagi mempertahankan gelarnya dengan cara yang dominan. Servis Djokovic sangat solid. Counter-punching dia dari baseline benar-benar membenamkan Medvedev.

Padahal, sebelum berlaga di final hari ini, Medvedev tampil sangat ganas dengan meraih 20 kemenangan secara beruntun. Tetapi Djokovic tidak membiarkan Medvedev menang di habitatnya.

Catatan 18 gelar grand slam adalah rekor yang sangat fantastis. Saat ini, Djokovic hanya berselisih dua trofi saja dari Rafael Nadal dan Roger Federer.

Federer, Nadal, maupun Djokovic kerap disebut sebagai ”big three” di pentas tenis tunggal putra dunia. Ketiganya begitu berkuasa. Dari 16 ajang grand slam terakhir, big three memenangi 15 ajang.

Hanya nama Dominic Thiem yang terselip di antara ketiganya pada daftar tersebut. Itu terjadi ketika Thiem menjuarai Amerika Serikat Terbuka alias US Open 2020.

Djokovic sadar, petenis muda potensial telah bermunculan. Salah satunya jelas Medvedev yang berusia 25 tahun. Petenis Rusia itu sepanjang karir baru dua kali tampil di final grand slam. Yang pertama di US Open 2019. Saat itu di final, Medvedev kalah di tangan Nadal.

”Sudah banyak pembahasan yang mengatakan generasi baru (tunggal putra) telah tiba. Mereka akan menggantikan kami bertiga. Tapi realistis saja, nyatanya itu belum terjadi sampai saat ini,” ucap Djokovic kepada AFP sebelum laga.

Baca Juga: Saat Nomor 1 Dunia Dikalahkan Seorang Murid SMA Berusia 16 Tahun

”Dan aku tidak akan berdiam diri untuk menyerahkan semuanya ke mereka. Aku akan membuat mereka bekerja keras untuk mendapatkan itu,” tambahnya.

Djokovic punya rekor mentereng di Rod Laver Arena. Dia tak terkalahkan dalam 18 laga di semifinal maupun final ajang ini. Dari delapan kali tampil di final, dia selalu bablas juara.

Editor : Ainur Rohman




Close Ads