alexametrics
SEA Games 2019

Indonesia Berharap Emas Dari Ranking 347 Dunia

20 November 2019, 17:00:41 WIB

JawaPos.com-Agak janggal sebenarnya kalau target dua emas Indonesia dari cabang olahraga tenis diproyeksikan dari sektor ganda. Sebab, pada sektor tunggal, sebenarnya kita pun memiliki sejarah bagus.

Sejak 1977, tunggal putra menyumbangkan tujuh emas. Tunggal putri lebih keren. Ada 12 emas yang antara lain pernah diraih Yayuk Basuki, Wynne Prakusya, Sandy Gumulya, hingga Ayu Fani Damayanti.

Sejak 2011, Christopher Rungkat menyumbangkan dua emas dari sektor tunggal putra. Pada edisi 2017, sektor itu juga menjadi miliknya. Nah, apakah sektor putri juga bisa diharapkan bikin kejutan? Bisa. ’’Saya percaya potensi kita di SEA Games kali ini adalah tiga emas. Salah satunya dari tunggal putri,’’ kata pelatih pelatnas putri Deddy Tedjamukti.

Sektor tunggal putri diwakili Aldila Sutjiadi. Selama ini Aldila belum pernah meraih emas di multievent dua tahunan tersebut. Satu-satunya prestasinya di multievent Asia Tenggara tersebut diperoleh pada edisi 2015. Dia mengais dua perunggu dari ganda putri dan beregu putri.

Nah, di Filipina nanti, dengan peringkat WTA ke-347, Aldila mungkin menjadi unggulan kedua. Nah, di sisi lain, juara bertahan tunggal putri Luksika Khumkum belum sembuh total dari cedera.

’’Peluang itu ada. Tunggal putri bisa. Khumkum memang bakal turun, tapi masih cedera. Paling Plipuech (Peangtarn, Red) yang kuat,’’ jelas Deddy.

Aldila sangat percaya diri menyongsong keberangkatan ke Filipina nanti. Meski belum tahu siapa saja pesaingnya, pemilik satu gelar ITF itu sudah mempersiapkan diri selama setahun ini. Dalam setiap turnamen yang diikutinya, Aldila sering bertemu petenis Asia Tenggara. Dia pun cukup tahu karakteristik lawan.

’’Ada kans untuk masuk ke babak semifinal dulu. Kalau nggak ketemu pemain Thailand di babak awal, lumayan ada kesempatan buat dapat medali,’’ ucap Aldila.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : feb/c14/na



Close Ads