alexametrics
SEA Games 2019

Christopher Rungkat Sangat Yakin Bisa Mempertahankan Emas

20 November 2019, 17:06:58 WIB

JawaPos.com-Cabor tenis tidak mau menjanjikan terlalu banyak emas di SEA Games 2019. Dua emas dirasa paling realistis buat para petenis profesional seperti Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi. Keduanya dibebankan pada sektor ganda.

Kans terbesar untuk meraih emas datang dari sektor ganda campuran. Kemenangan Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi dalam Asian Games 2018 memang menjadi dasar optimisme itu.

Dalam event yang diselenggarakan di Palembang tahun lalu, pada babak final, Christo/Aldila mengalahkan wakil Thailand Sonchat Ratiwatana/Luksika Kumkhum. Padahal, dalam satu dekade terakhir ini, para petenis Thailand mendominasi podium SEA Games.

Kali ini PB Pelti sangat optimistis. Begitu pula dengan para pemain. Minimnya intensitas latihan bersama tidak dipersoalkan. Malah, kesibukan tiap-tiap pemain dalam mengikuti turnamen terbuka di luar negeri dinilai sebagai modal bagus. Secara alami, mereka sudah berlatih intens dan terjun dalam kejuaraan. Anggap saja tryout.

’’Anak-anak ini kan sudah pro (profesional, Red). Sudah biasa dengan kondisi seperti itu. Latihan sebentar saja, sekali dua kali juga beres,’’ yakin pelatih pelatnas putri Dedy Tedjamukti kemarin (19/11).

Persaingan di level Asia Tenggara memang tidak terlalu berat. Satu-satunya pesaing hanya Thailand. Di sektor ganda campuran, Christo/Aldila mungkin tidak akan kembali bertemu Ratiwatana/Kumkhum.

Sebab, Kumkhum masih cedera. Dia bisa saja digantikan Nicha Lertpitaksinchai atau Peangtarn Plipuech. Yang mana saja tidak akan jadi masalah.

’’Kalau saya sendiri, secara persiapan sudah sangat siap. Sedangkan partner saya, Aldila, hasil di turnamen (ITF dan WTA) cukup signifikan jika dibandingkan tahun lalu,’’ papar Christo menganalisis peluangnya. ’’SEA Games terakhir di Kuala Lumpur, saya dapat emas. Jadi, saya percaya diri bisa dapat emas lagi di Manila,’’ lanjutnya.

Tidak ada trik khusus yang akan dilakukan Christo/Aldila selama sisa waktu ini. Saat terjun bersama di Asian Games, mereka juga baru berlatih bersama sekitar seminggu sebelum event. Apalagi, saat ini mereka mengaku sudah semakin cocok dengan tipe permainan satu sama lain. Tidak sulit untuk saling bantu di lapangan.

Meski begitu, kembali membela nama Indonesia, dia sedikit nervous juga. SEA Games berbeda dengan turnamen ITF maupun WTA yang sering diikutinya. ’’Ya pasti, rasa tegang ada. Apalagi, saya kan belum pernah dapat medali emas di SEA Games,’’ ujar Aldila.

’’Itu jadi motivasi untuk bisa memberikan yang terbaik. Tapi, kembali lagi, semoga kondisi kami seperti di Asian Games. Kami bermain dengan sangat baik,’’ tambah pemain 24 tahun tersebut.

Selain ganda campuran, ganda putri diproyeksikan untuk merebut emas. Tepatnya pasangan Jessy Rompies/Beatrice Gumulya. Pada SEA Games 2017 lalu, mereka terhenti di babak perempat final. Tahun ini mereka diprediksi minimal menembus final walaupun akan sangat ketat. Sebab, nomor itu juga jadi incaran Thailand untuk kembali membawa pulang medali.

’’Cuma saya rasa kansnya lebih besar. Semua persiapan dan tryout yang dijalani anak-anak hasilnya bagus,’’ kata Deddy. ’’Semua saingan memang dari Thailand. Yang lain bisa diatasi,’’ yakin dia.

Tenis Indonesia sejatinya punya tradisi bagus di SEA Games. Sejak 1977, para petenis kita mengumpulkan 66 emas, paling banyak di antara kontestan SEA Games yang lain. Namun, belakangan memang dominasi Merah Putih memudar. Sejak 2009, total kita hanya mengumpulkan enam emas. Dari jumlah tersebut, Christo menyumbangkan empat emas. Tiga di antaranya dia raih pada edisi 2011 di Jakarta-Palembang.

Skuad Indonesia

Putri

1. Aldila Sutjiadi

2. Jessy Rompies

3. Beatrice Gumulya

4. Priska Medelyn Nugroho

5. Rifanti Kahfiani

Putra

1. Christopher Rungkat

2. David Sutanto

3. Anthony Susanto

4. Ari Fahrezi

5. Rifqi Fitriadi

Peta Persaingan

Ganda Campuran

Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi

Emas Asian Games 2018

Pesaing:

Sonchat Ratiwatana/Luksika Khumkum (Thailand)

Perak Asian Games 2018

Ganda Putri

Jessy Rompies/Beatrice Gumulya

Pesaing

Nicha Lertpitaksinchai/Peangtarn Plipuech (Thailand)

Perempat final Asian Games 2018

Tunggal Putri

Aldila Sutjiadi (peringkat 347 WTA)

Pesaing:

Peangtarn Plipuech (305)

Luksika Khumkum (616)

Editor : Ainur Rohman

Reporter : feb/c22/na



Close Ads