alexametrics

Rahasia Valtteri Bottas Tampil Moncer di 3 Balapan Terakhir

20 Oktober 2021, 11:48:16 WIB

JawaPos.com – Pembalap Mercedes Valtteri Bottas tampil begitu memukau di tiga balapan Formula 1 terakhir.

Total pembalap Finlandia itu mengumpulkan 51 poin. Itu mengungguli dua pembalap yang sedang bersaing di posisi satu dan dua.

Yakni pembalap Red Bull Max Verstappen dan rekan setim Bottas sendiri, Lewis Hamilton.

Di tiga balapan terakhir Verstappen hanya mengumpulkan 36 poin. Sementara Hamilton 35 poin.

Bottas menyebutkan, kondisi dirinya saat ini –yang telah mendapat kepastian menjadi pembalap Alfa Romeo musim depan– membuatnya tampil lebih fokus di tiga balapan terakhir.

”Sejak di Monza (GP Italia), aku merasa lebih rileks dalam menjalani apa pun,” ungkap Bottas seperti dilansir Motorsport.

”Sejak itu aku hanya fokus untuk balapan. Dan itu sangat membantu dalam peningkatan performaku,” tambah pembalap asal Finlandia tersebut.

Bottas mengumumkan secara resmi hengkang dari Mercedes dan bergabung bersama tim Alfa Romeo musim depan sebelum balapan GP Italia berlangsung di Sirkuit Monza pada 12 September lalu.

Sejak saat itu performa pembalap 32 tahun tersebut memang terus membaik.

Di GP Italia Bottas menjadi yang tercepat di babak kualifikasi dan memenangi sprint race. Di akhir lomba dia menduduki podium ketiga.

Setelah itu, di GP Rusia Bottas masih mampu finis di posisi kelima meski memulai balapan dari grid belakang karena mendapat penalti.

Puncaknya terjadi di GP Turki (10/10). Di balapan tersebut Bottas meraih kemenangan pertamanya musim ini.

Bukan hanya itu, dia juga sudah menjadi pembalap tercepat di kualifikasi untuk start dari posisi pole position. ”Kini aku semakin percaya diri.

Ini seperti pengingat untuk diriku sendiri bahwa aku masih mampu untuk memenangi balapan,” jelasnya.

Bottas menyebut Mercedes juga sama sekali tidak memberikan perlakuan berbeda meski dirinya sudah pasti hengkang dari tim itu musim depan.

Hal itu dia sebut juga membuatnya merasa nyaman dan fokus ke balapan.

Toto Wolff, team principal Mercedes, mengatakan bahwa timnya akan terus mendukung Bottas untuk mendapatkan performa terbaiknya sampai akhir musim.

Wolff juga menyebut Mercedes masih sangat butuh tenaga Bottas untuk membantu Hamilton mengamankan gelar juara musim ini.

”Dia adalah penopang terbaik untuk Lewis. Hanya dia yang mampu meredam performa Max dengan maksimal,” ucapnya kepada ESPN.

Sebelum mendapatkan kepastian masa depan dengan Alfa Romeo, Bottas kerap gundah lantaran tak kunjung mendapat kontrak baru dari Mercedes.

Dia sudah berusaha maksimal untuk membuktikan diri layak dipertahankan, tapi Mercedes tak kunjung memberikan respons.

Belakangan, setelah Bottas memastikan menerima pinangan Alfa Romeo musim depan, Mercedes mengumumkan bahwa pembalap Williams George Russell dipastikan bakal menjadi rekan setim Hamilton mulai musim depan.

 

Editor : Candra Kurnia

Reporter : irr/c9/dra

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads