alexametrics

Pasca Singkirkan Unggulan Lima, Owi/Winny Tak Gentar Hadapi Wang/Huang

20 September 2019, 09:24:01 WIB

JawaPos.com-Tampil sebagai underdog, pasangan Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow bikin kejutan. Mereka mengandaskan unggulan kelima asal Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Pasangan senior-junior itu memetik kemenangan lewat rubber game ketat yang berakhir 17-21, 23-21, 21-18 dalam tempo 1 jam dan 05 menit.

Laga 16 besar kemarin merupakan pertemuan ketiga Owi/Winny dengan ganda campuran peraih perak Olimpiade Rio 2016 itu. Dua pasangan tersebut selalu menjalani tiga game panjang pada pertemuan sebelumnya. Hasil manis kali ini membuat unggul rekor head-to-head mereka menjadi 2-1.

’’Hari ini (kemarin, Red) kami memang unggul dari segi ketenangan dan kondisi tubuh. Mainnya lebih enak. Selain itu, kami bisa jaga fokus, nggak on off, dan bisa konsisten sampai akhir pertandingan,’’ ungkap Winny.

Hal itu diakui Owi yang lebih kenyang pengalaman. Menurut dia, Winny tampil lebih baik dan bisa menerapkan strategi permainan yang sudah disusun. ’’Memang masih ada panik di satu dua poin yang seharusnya nggak boleh. Saya juga sama, tadi ada kesalahan,’’ ujar Owi.

Namun, lawan yang dihadapi mereka kemarin belum seberapa jika dibandingkan dengan hari ini. Owi/Winny telah dinanti ganda campuran nomor dua dunia, Wang Yilyu/Huang Dongping. Ganda Tiongkok itu, termasuk Zheng Siwei/Huang Yaqiong, masih menjadi momok di sektor ganda campuran dunia. Mereka jarang sekali kalah pada babak-babak awal.

Tahun ini saja Wang/Huang sudah mengantongi lima gelar juara dan dua kali runner-up. Capaian yang fantastis. Mereka sangat konsisten di setiap penampilan dan sulit ditundukkan.

Ganda campuran nomor satu dunia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga belum pernah menang saat menghadapi Wang/Huang.

Pada babak 8 besar ini bakal menjadi pertemuan pertama Owi/Winny dengan unggulan kedua itu. Tidak hanya harus siap fisik, mereka juga harus bisa mempertahankan mental dan fokus.

’’Mereka cukup kuat. Tapi, sebenarnya, kalau bisa menerapkan pola yang benar, kami dapat mengalahkan mereka. Kami harus optimistis. Lawan pun menghadapi pola main kami sebetulnya nggak enak. Namun, kami tidak bisa konsisten menerapkan pola ini dari awal sampai akhir,’’ tutur Owi.

Jika bisa mengambil kemenangan, itu bakal menjadi rekor yang bagus bagi Owi/Winny. Sebab, selain Praveen/Melati, Hafiz Faizal/Gloria E. Widjaja juga belum pernah menang melawan Wang/Huang.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : feb/c4/tom



Close Ads