alexametrics
Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Meski Tampil Luar Biasa di Kuarter Pertama, Timnas Indonesia Kandas

20 Februari 2020, 21:38:08 WIB

JawaPos.com-Meski bermain luar biasa pada kuarter pertama, Tim Nasional Indonesia gagal membendung salah satu kekuatan utama basket Asia, Korea Selatan.

Pada laga perdana kualifikasi Grup A FIBA Asia Cup 2020 di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta malam ini (20/2), Indonesia takluk dengan skor telak 76-109.

Margin 33 poin memang sudah diperkirakan sebelumnya. Sebab, secara kualitas, kita jauh di bawah Korsel. Apalagi, Indonesia gagal memainkan dua pemain calon naturalisasi Brandon Jawato dan Lester Prosper. Paspor keduanya belum keluar.

Walau kalah kualitas, Indonesia bermain dengan penuh percaya diri pada kuarter pertama. Arki Dikania Wisnu dkk bermain dengan cepat, taktis, ngotot dalam defense, dan percaya diri ketika offense.

Hasilnya sangat di luar dugaan. Indonesia mampu unggul enam poin dalam kedudukan 27-21 pada akhir kuarter pertama.

Sayang, kehebatan Indonesia itu tidak bertahan lama. Pada kuarter kedua, Korsel sudah menemukan ritme mereka yang sesungguhnya. Yakni mengandalkan kecepatan dan tembakan-tembakan jarak jauh. Korsel menggulung Indonesia melalui transisi mereka yang sangat tajam serta mematikan.

Defense tangguh Korsel memaksa Indonesia cuma mendulang 10 angka pada kuarter kedua. Sedangkan di sisi lain, Korsel menggila dengan 34 poin. Setelah turun minum, kondisi tidak berubah. Korsel tampil dominan untuk memenangkan pertandingan.

Korsel tampil prima dengan mencetak field goal mencapai 52,8 persen (38/72). Bandingkan dengan Indonesia yang hanya mendulang field goal 38,3 persen (23/60).

Namun, salah satu faktor terbesar kekalahan Indonesia adalah size tubuh. Total, Korsel mengumpulan 43 rebound. Jauh di atas Indonesia yang hanya mengoleksi 30 rebound.

Ada lima pemain Korsel yang mencetak double digit angka. Terbanyak adalah guard Kim Nak-hyeon dengan 14 poin. Sementara itu, center Jang Jae-sok mendonasikan 13 angka untuk kemenangan timnya.

Guard Indonesia Abraham Damar Grahita bermain sangat baik dengan mendulang 25 poin. (FIBA)

Dari kubu Indonesia, guard Abraham Damar Grahita tampil sangat dahsyat dengan mencetak 25 poin dan 4 assist. Yang tak kalah mengesankan adalah Abraham mencatat rekor 100 persen dalam free throw (11/11).

Point guard Andakara Prastawa Dhyaksa dan power forward Kevin Yonas Argadiba Sitorus juga mencetak double digit angka. Masing-masing menyumbangkan 14 dan 11 poin.

Indonesia akan menjalani laga kedua kualifikasi FIBA Asia Cup 2020 melawan Filipina pada 23 Februari, masih di Mahaka Arena.

Dua tim teratas masing-masing grup, akan lolos ke putaran final. Sedangkan peringkat ketiga akan menjalani laga playoff.

Selain Korsel dan Filipina, Indonesia satu grup dengan Thailand.

Editor : Ainur Rohman

Saksikan video menarik berikut ini: