alexametrics

Bukan Karena Minim Lapangan, Ini Alasan Baseball Tidak Berkembang

19 Desember 2018, 19:59:12 WIB

JawaPos.com – Direktur Ohama Group Tetsuya Ohama memaparkan bahwa minimnya fasilitas bukanlah alasan sebuah olahraga tidak dapat berkembang di negara tertentu. Hal tersebut juga berlaku untuk olahraga baseball yang tidak populer di Indonesia.

Untuk diketahui, Tetsuya datang ke Indonesia bersama dua atlet baseball Jepang asal klub Fukuoka Softbank Hawks Keizo Kawashima dan Shuhei Fukuda. Mereka datang setelah diundang oleh  PB Perbasasi (Pengurus Besar Persatuan Baseball Softball Seluruh Indonesia) untuk menggelar coaching clinic kepada 100 atlet baseball Tanah Air.

Berkaca pada negaranya, Tetsuya mengaku dulu Jepang tidak memiliki fasilitas baseball seperti sekarang ini. Namun, pada akhirnya, baseball bisa menjadi olahraga yang sangat populer di Negeri Matahari Terbit.

Tetsuya mengatakan, baseball bisa berkembang begitu pesat karena sangat banyak warga Jepang yang menggandrungi olahraga tersebut. Masyarakat bisa bermain baseball di lapangan apapun tanpa perlu adanya lapangan baseball asli. Dari kecintaan yang begitu besar, akhirnya baseball berkembang dengan sendirinya.

“Bukan karena tidak ada turnamen di Indonesia atau masalah fasilitas. Itu tidak penting. Dulu Jepang juga tidak memiliki lapangan baseball, tapi orang Jepang suka dengan baseball,” kata Tetsuya, Rabu (19/12).

Tetsuya menuturkan, baseball mungkin bisa akan lebih populer lagi jika para penggiatnya tidak hanya melakukan latihan di dalam stadion saja. Sama seperti sepak bola yang bisa dilakukan hampir di mana saja, baseball pun sebetulnya bisa dimainkan di manapun.

“Baseball itu bisa latihan di mana saja, di lapangan futsal, di tempat parkir, dan tempat lainnya. Yang terpenting bagaimana mindset masyarakat Indonesia agar lebih menggemari baseball,” ungkap Tatsuya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : (mat/JPC)



Close Ads
Bukan Karena Minim Lapangan, Ini Alasan Baseball Tidak Berkembang