alexametrics

Permainan Dahsyat Hendra/Ahsan Bikin Juara Asia Seakan Tak Istimewa

The Daddies Lolos ke Semifinal Denmark Open
19 Oktober 2019, 10:20:54 WIB

JawaPos.com-Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe sejatinya bukan ganda putra sembarangan. Pasangan asal Jepang itu adalah juara Asia 2019. Mereka juga menempati ranking enam dunia. Selain itu Endo/Watanabe terkenal sebagai salah satu ganda dengan kemampuan defense terbaik di dunia.

Namun, atribut mentereng tersebut agaknya tidak berlaku bagi Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Juara dunia 2019 tersebut menghancurkan Endo/Watanabe dalam dua game langsung 21-15, 21-14 pada perempat final Denmark Open 2019 di Odense Sports Park tadi malam (18/10).

Hendra/Ahsan memungkasi pertandingan hanya dalam tempo 27 menit saja. Ketenangan, strategi yang jitu, dan skill yang sangat luar biasa membuat kemampuan bagus Endo/Watanabe seakan tak tersisa.

The Daddies menyusul juniornya Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo yang lebih dulu mendapatkan tiket semifinal.

Memang, Hendra/Ahsan punya rekor mengilap saat menghadapi Endo/Watanabe. Dalam enam pertemuan terakhir, Hendra/Ahsan menang lima kali.

Duel terakhir sebelum di Denmark terjadi pada ajang China Open 2019. Ketika itu, Hendra/Ahsan juga menang mudah 21-15, 21-12.

Namun, Ahsan menolak bahwa kemenangan mereka diraih dengan gampang. ’’Lawan tadi nggak mudah dan mereka pemain yang bagus juga. Dari awal yang penting kami fokus dengan permainan kami. Pola dan strategi kami harus berjalan dulu,” ujar Ahsan dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Jawa Pos.

Dengan kemenangan Hendra/Ahsan, Indonesia sejatinya berpeluang menciptakan pertemuan sesama ganda putra Indonesia di semifinal. Namun sayang, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah dari pasangan Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dalam dua game 15-21, 19-21.

Menghadapi Kamura/Sonoda, Hendra/Ahsan memiliki rekor head-to-head 4-2. Pertemuan terakhir kedua pasangan terjadi pada semifinal Japan Open 2019. Hasilnya, Hendra/Ahsan menang 22-20, dan 21-10.

’’Mereka sama bagus dan kuat. Kami harus bersiap lagi. Yang penting besok bisa fokus lagi,” kata Hendra.

’’Siapapun yang akan kami lawan besok pasti sama kuat dan sama sulitnya,” kata Ahsan menambahkan.

Selain ganda putra, dua wakil Indonesia lain juga lolos ke semifinal. Tunggal putra Tommy Sugiarto mengalahkan pemain Thailand Thammasin Sitthikom 21-17, 21-19.

Sementara itu, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menciptakan kejutan besar dengan mengirim pulang ganda nomor satu dunia Zheng Siwei /Huang Yaqiong dalam pertarungan mendebarkan sampai tiga game yang berakhir 18-21, 21-16, 22-20.

Jika Hendra/Ahsan mampu mengalahkan Kamura/Sonoda, maka peluang untuk menciptakan All Indonesian Final di Denmark Open 2019 sangat besar.

Editor : Ainur Rohman



Close Ads