alexametrics
Spain Masters 2020

Walau Kalah Kelas, Ganda Indonesia No 81 Dunia Bisa Berikan Perlawanan

19 Februari 2020, 17:49:30 WIB

JawaPos.com – Perjalanan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di Barcelona Spain Masters 2020 berakhir di babak pertama. Mereka langsung kandas di tangan unggulan keempat Kim Astrup/Anders Skarup Rasmussen.

Bermain di court 2 Vall d’Hebron Olympic Sports Centre, Barcelona, tadi malam, Leo/Daniel menyerah 15-21, 18-21 dalam 37 menit saja.

Leo/Daniel memang relatif tidak beruntung. Mereka harus berhadapan dengan pasangan yang pernah lama menghuni lima besar dunia. Peringkat Astrup/Rasmus-sen baru menurun tahun lalu, setelah Astrup cedera. Namun, ganda putra nomor satu Denmark itu masih superior dibandingkan Leo/Daniel.

Meski kalah kelas (Leo/Daniel masih di peringkat ke-81 dunia), pasangan masa depan Indonesia itu mampu memberikan perlawanan ketat. Bahkan, pada awal-awal game, mereka mampu memimpin perolehan poin.

Pada game pertama, Leo/Daniel sempat leading 15-12. Namun, saat Denmark balik menekan, poin mereka mandek. Banyak membuat kesalahan sendiri, hingga tersusul.

Cerita game kedua pun mirip. Juara dunia junior itu memimpin 18-16. Lagi-lagi, mendekati akhir game, mereka tertekan dan ditikung. Penyebabnya sama. Leo/Daniel kurang mampu menggalang defense ketika Astrup/Rasmussen berbalik menyerang. Sebaliknya, jika adu drive, mereka hampir selalu sukses memenangkan duel.

Barcelona Spain Masters adalah turnamen BWF Tour kedua Leo/Daniel tahun ini. Sebelumnya, mereka turun di Thailand Masters. Hanya sampai babak kedua. Namun, hal ini sudah diprediksi pelatih pelatnas ganda putra Herry Iman Pierngadi. Dia menyebut, Leo/Daniel akan sulit bersaing di awal 2020. Sebab, kualifikasi Olimpiade Tokyo masih berlangsung.

’’Untuk turnamen level super 300 saja mungkin banyak pemain top yang peringkatnya kurang mengejar poin di sana. Nah, bisa pada numpuk itu,’’ jelas Herry bulan lalu.

Dan itu sudah terbukti. Di Barcelona Spain Masters yang berlevel super 300, ada nama-nama besar seperti Lee Yang/Wang Chi-lin (Taiwan), Aaron Chia/Soh Woi Yik (Malaysia), dan tentu saja Astrup/Rasmussen.

Di sisi lain, ganda Indonesia lainnya Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana lolos ke babak 16 besar via kemenangan atas Ronan Lamar/Brice Leverdez asal Prancis dalam rubber game 21-13, 19-21, 21-19.

Sementara itu, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan kandas dari ganda veteran Korea Selatan Kim Gi-jung/Lee Yong-dae dengan skor 16-21, 14-21.

Hasil Kemarin

Ganda Putra

M. Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Ronan Lamar/Brice Leverdez (Prancis) 21-13, 19-21, 21-19

Kim Gi-jung/Lee Yong Dae (Korea) vs Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan 21-16, 21-14

4-Kim Astrup/Anders S. Rasmussen (Denmark) vs Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 21-15, 21-18

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c17/na



Close Ads