alexametrics

Momentum Sejarah Besar Emas SEA Games 2019, Liga Polo Air Digulirkan

19 Februari 2020, 15:29:28 WIB

JawaPos.com-Polo air Indonesia mendapat momentum bagus setelah mencatat sejarah besar, merebut emas SEA Games untuk kali pertama pada 2019.

Untuk meningkatkan popularitas olahraga akuatik itu, PB PRSI bakal menggelar liga polo air. Tujuannya, regenerasi atlet sekaligus menjaring bibit yang dipersiapkan untuk Olimpiade 2032.

Karena itu, kejuaraan tersebut ditujukan bagi perenang berusia di bawah 16 tahun.

Liga polo air itu rencananya dimulai pada 3 Maret di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Jakarta. Ada sembilan klub renang di Jakarta yang memastikan turut serta. Yakni, Milenium, JAQ, Pari Sakti, Bina Taruna, dan Tirta Kencana 78.

Juga, Kusuma Harapan, Kuda Laut, ISA, serta Tirta Taruna.

Sembilan klub tersebut dibagi menjadi dua grup. Mereka bakal menjalani pertandingan secara round robin. Empat tim dengan peringkat terbaik bakal lolos ke semifinal.

’’Tiap pekan bakal ada dua pertandingan. Sedangkan grand final, karena jadwal bertabrakan dengan Lebaran, pertandingan dilangsungkan pada Mei setelah hari raya,’’ papar Dean Baldwin, delegasi teknis liga.

Setiap klub bisa memasukkan nama pemain sebanyak-banyaknya. Khusus untuk edisi perdana ini, tim bisa diisi pemain putra maupun putri. Bebas. Komposisinya juga tidak ditentukan.

’’Sekarang yang penting liga ini jalan dulu. Harapannya, kalau sudah berjalan, provinsi lain bisa mengikuti. Sehingga nanti bisa digelar Liga Super,’’ kata Wakil Ketua Umum PRSI Harlin Rahardjo.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gil/c19/na



Close Ads