alexametrics
Indonesia Masters 2021

Wawancara Khusus dengan Bintang Korea Selatan An Se-young

18 November 2021, 09:14:33 WIB

JawaPos.com-An Se-young, saat ini menjadi andalan utama Korea Selatan di sektor tunggal putri. Pada usia yang baru 19 tahun, pebulu tangkis asal Gwangju tersebut sudah mampu menembus ranking enam dunia.

Sosoknya yang sopan di luar arena, namun garang saat bertanding, membuatnya diidolakan masyarakat Korea Selatan. Penggemar bulu tangkis dari luar negeri juga menyukainya. Kehidupannya bahkan dijadikan salah satu inspirasi drama Korea, Racket Boys.

Kemarin, An melewati pertandingan pertamanya dengan mulus di Indonesia Masters 2021. Dia menang mudah atas pemain Polandia Jordan Hart dalam straight game 21-8, 21-9. Laga itu selesai hanya dalam tempo 26 menit.

Berikut wawancara wartawan Jawa Pos I’ied Rahmat Rifadin dengan An di Bali International Convention Centre & The Westin Resort, Nusa Dua.

Selamat atas kemenangan di laga pertamamu..

Terima kasih. Ini baru pertandingan pertama. Lega juga bisa melewatinya. Menambah kepercayaan diri saya untuk pertandingan selanjutnya.

Pada dua turnamen terakhir di Eropa, langkahmu selalu dihentikan Akane Yamaguchi (nomor tiga dunia asal Jepang, red). Sekarang rekor head-to-head antara kamu dan Akane juga tipis, 3-4. Jika di Indonesia Masters ini kamu kembali bertemu Akane, apa yang kamu persiapkan?

Saya juga sangat menantikan bertanding melawan Akane lagi. Saya akan lakukan yang terbaik jika memang bertemu lagi dia di sini. (Dari drawing, An baru berpeluang bertemu Akane di partai final)

Ini pertanyaan di luar lapangan. Kenapa sih kamu selalu menggunakan headband? Apa itu semacam jimat kemenangan atau menambah kepercayaan diri?

Bukan-bukan. He..he..he. Ini karena rambut saya tipis. Jadi saya tidak bisa menggunakan jepitan rambut. Jadi saya memilih headband. Headband juga lebih bisa melindungi saya dari keringat saat bertanding.

Oh ya, di media sosial, mengapa kamu menulis I will shine di profilmu. Ada cerita khusus tentang itu?

Oh, itu. Dulu saya pernah cedera cukup serius. Saat itu banyak sekali dukungan datang untuk saya. Terutama dari keluarga. Kata-kata itu sering diucapkan oleh keluarga saya. Sebagai penyemangat. Agar saya juga tidak berhenti belajar dan berusaha terus menjadi lebih baik lagi.

An Se-young saat berlaga pada babak pertama Indonesia Masters 2021. (Badminton Photo)

Orang Indonesia saat ini banyak yang tergila-gila dengan drama Korea. Apa pendapatmu tentang itu?

Saya senang sekali negara saya juga dicintai masyarakat Indonesia. Karena itu juga saya jadi lebih semangat ketika bermain di Indonesia. Sayangnya kompetisi ini belum bisa dihadiri penonton.

Dalam drama Racket Boys, ada tokoh bernama Han Se-yoon yang diperankan Lee Jaen-in. Beberapa artikel berita di negaramu menyebut karakter itu terinspirasi dari kamu? Apa itu benar?

Ya. Saya sudah beberapa kali mendapat pertanyaan sama seperti ini sebelumnya. Saya senang juga bisa menginspirasi banyak orang.

Lalu, jika kamu Han Se-yoon di film Racket Boys, apakah ada juga tokoh Yoon Hae-kang yang sebenarnya di tim bulu tangkis Korsel saat ini ? (Dalam film Racket Boys, tokoh Yoon diceritakan sebagai kekasih Han, red)

Ha..ha..ha... Tidak ada. Tidak ada.

Di salah satu episode drama Racket Boys, ada juga adegan tim bulu tangkis Korsel yang merasa dicurangi saat bermain di Indonesia. Itu sempat ramai di media sosial Indonesia. Apa cerita drama itu sama dengan yang kamu rasakan sebenarnya?

Sama sekali tidak. He..he.. Saat kali pertama saya menonton adegan itu, saya juga kaget. Karena saya sama sekali tidak pernah merasakan seperti itu setiap bermain di sini.

Satu-satunya yang membuat saya sedih di Indonesia sekarang adalah karena tidak ada dukungan penonton. Karena salah satu yang saya nantikan setiap bermain di Indonesia adalah dukungan penonton yang ramai.

Apakah kamu juga dapat hadiah dari fans Indonesia yang ditaruh di lobi hotel?

Iya. Banyak banget. Kamar saya sampai penuh! Hehehe. Kebanyakan bucket bunga. Tapi saya juga dapat banyak snack. Sekarang kamar saya sepertinya lebih seperti taman bunga!

Editor : Ainur Rohman

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads