alexametrics

Kalahkan Lomachenko, Teofimo Lopez Juara Dunia Sejati di Usia Muda

18 Oktober 2020, 12:47:53 WIB

JawaPos.com-Teofimo Lopez menjadi juara dunia sejati kelas ringan hari ini WIB (18/10). Dalam pertarungan di MGM Grand Conference Center, dia mengalahkan juara dunia asal Ukraina Vasyl Lomachenko.

Dengan kemenangan ini, Lopez berhasil merebut sabuk juara dunia kelas ringan WBA (Super), WBO, dan The Ring dari tangan Lomachenko. Sebelumnya, dia adalah pemegang sabuk juara dunia kelas ringan IBF.

Lopez menang dengan keputusan mutlak. Tiga juri memberikan angka 116-112, 117-111, dan 119-109 untuk kemenangan Lopez.

Lomachenko terlihat ragu-ragu dalam pertarungan ini. Peraih dua emas Olimpiade tersebut tidak melakukan banyak serangan pada tujuh ronde awal. Dia terlalu lama dalam melakukan analisis kepada gaya permainan Lopez. Sehingga, dia kehilangan angka dengan signifikan pada awal pertarungan.

Lomachenko baru bangkit dan panas dalam lima ronde terakhir. Namun, semuanya sudah sangat terlambat. Lopez sudah sangat stabil untuk menemukan ritme pertarungan. Dalam 15 menit terakhir, duel berjalan dengan sangat brutal. Kedua petinju saling jual beli pukulan dengan sangat keras.

Pemberian angka 119-109 dari wasit Julie Lederman memang terlihat kontroversial karena jaraknya begitu jauh. Bahkan Steve Weisfeld hanya memenangkan Lomachenko dalam satu ronde dan memberikan angka 117-111 untuk Lopez.

Namun apa yang dicapai Lopez sangat luar biasa. Dia menjadi juara dunia sejati saat baru berusia 23 tahun. Yang juga hebat, untuk jadi juara dunia sejati dia hanya perlu menjalani 16 pertarungan profesional.

Rekor Lopez adalah 16 menang dan 0 kalah. Dalam perjalanannya dia meraih 12 kemenangan KO dan 4 kemenangan angka. Pendeknya, petinju kelahiran Brooklyn berdarah Meksiko tersebut adalah salah seorang superstar terbesar tinju dunia saat ini.

Editor : Ainur Rohman




Close Ads