alexametrics
Kualifikasi GP Aragon 2020

Di Tengah Angin dan Cuaca Dingin, Fabio Quartararo jadi yang Tercepat

18 Oktober 2020, 17:53:23 WIB

JawaPos.com – MotoGP memastikan perubahan jadwal GP Aragon untuk dua hari penyelenggaraan, Sabtu-Minggu ini. Setiap sesi kegiatan dalam dua hari terakhir mundur satu jam.

Penyebabnya adalah cuaca dingin di Provinsi Teruel, Spanyol, tersebut. Alhasil, balapan nanti malam akan berlangsung pukul 20.00 WIB (siaran langsung Trans7) atau mundur satu jam dari jadwal semula.

Sebelumnya, dua sesi latihan bebas (FP) pada Jumat (16/10) juga harus ditunda 30 menit karena cuaca dingin di sirkuit. Saat FP1 berlangsung, suhu di kawasan Aragon terpantau di kisaran 11 derajat Celsius. Sementara itu, suhu lintasan berkisar 12 derajat Celsius.

Jadwal GP Aragon memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Penyesuaian setelah pandemi Covid-19 membuat salah satu seri di Spanyol itu bergeser ke 18 Oktober 2020. Sedangkan pada tahun sebelumnya berlangsung akhir September. Musim ini, Aragon juga berkesempatan menggelar balapan ganda.

Terkait cuaca dingin dan berangin, jagoan Monster Yamaha Maverick Vinales menyebutkan, para pesaingnya dari Ducati akan sulit menggeber maksimal Desmosedici GP20. ’’Tetapi, kami akan melihat di mana posisi mereka setelah kualifikasi,’’ terangnya, seperti dilansir GP One.

Vinales berjuang kembali ke podium setelah terlempar di 10 besar pada dua balapan terakhir. Tantangan superbesar dihadapi karena sejak mentas di kelas MotoGP pada 2015, Vinales belum sekali pun merasakan podium di Aragon.

Rider Ducati Danilo Petrucci pun mengamini pernyataan Vinales terkait cuaca dan kondisi angin di Aragon. ’’Saat ini kami tidak kompetitif seperti di Le Mans. Kami harus bekerja, terutama untuk menghadapi angin dan suhu dingin,’’ papar Petrucci.

’’Ini adalah akhir pekan yang lebih sulit ketimbang di Le Mans,’’ lanjutnya.

Dia menambahkan, cengkeraman ban Michelin tidak berjalan sempurna bersama motor Ducati di Aragon. Namun, Petrucci ingin memberikan suguhan terbaik pada musim terakhirnya bersama Ducati.

Pada kualifikasi kemarin, bintang Yamaha Petronas Fabio Quartararo menjadi yang tercepat. Dia menempati pole position dengan catatan waktu 1 menit, 47,076 detik. Dia unggul 0,046 detik di depan Vinales.

Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow berada di posisi start ketiga. Dia mencatat waktu 0,229 detik lebih lambat ketimbang Quartararo. Bagi Quartararo ini adalah pole position keempat sepanjang musim 2020.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c18/bas




Close Ads