alexametrics

Wawancara Khusus dengan Mario Suryo Aji (Bag 2)

Beradaptasi dengan Atmosfer Balap di Eropa
18 Agustus 2021, 15:20:31 WIB

Tiga tahun membalap di Eropa, banyak ilmu yang diserap Mario Suryo Aji dari atmosfer kompetitif di sana. Tentang disiplin, kultur kerja tim, hingga mental bertarung di sirkuit.

Apa yang kamu pelajari dari budaya disiplin kerja tim-tim balap Eropa?

Selain disiplin, saya belajar mengenai professionalitas dan totalitas.

Mereka fokus pada proses, terus mendorong diri agar tetap berkembang dan punya semangat yang tinggi.

Di lintasan balap, mereka punya perhitungan yang matang dalam menaklukkan setiap trek yang dilintasi. Kondisi ini sangat terasa untuk saya, sehingga selalu menimbulkan motivasi untuk banyak belajar dan menjadi lebih baik.

Adakah perbedaan terkait latihan fisik, pembentukan karakter, dan teknik membalap yang kamu jalani sejak bergabung di balapan level Eropa ini?

Kalau latihan fisik tidak banyak berbeda dan itu juga bisa dilakukan di Indonesia. Tapi secara atmosfer memang berbeda.

Kami latihan bersama pembalap yang kompetisi di sana juga, otomatis semangat juga bisa terjaga stabil. Saya juga belajar menjaga kekuatan fisik dalam kondisi suhu yang berbeda dari Indonesia.

Saya berkomunikasi dan berhubungan dengan orang-orang yang berkompeten dalam balapan dunia. Itu juga banyak memberi pelajaran buat saya.

Secara teknik, kami bisa belajar langsung saat balap di sirkuit yang nantinya juga dipakai buat Grand Prix, tentu itu sangat penting untuk modal membalap di masa depan.

Apa perbedaan paling nyata menjalani balapan di masa pandemi seperti sekarang?

Perbedaan paling terasa tentu saat ini saya harus memperhatikan protokol kesehatan, baik saat di sirkuit maupun menjalani aktivitas di luar sirkuit. Selebihnya saya masih melakukan hal yang sama, latihan rutin dan aktivitas lainnya.

 

 

 

 

Editor : Candra Kurnia

Reporter : I'ied Ramhat Rifadin

Saksikan video menarik berikut ini: