alexametrics
Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Naturalisasi Gelap, Timnas Indonesia Gagal Mainkan Dua Pemain Asing

18 Februari 2020, 21:54:10 WIB

JawaPos.com-Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan akan segera menindaklanjuti pembentukan tim nasional bola basket yang akan mengikuti Piala Dunia Basket FIBA atau FIBA World Cup 2023.

“Tentu kita tidak mau hanya sebagai tuan rumah saja, tetapi juga kita menginginkan timnas kita harus berprestasi,” kata Zainudin setelah rapat terbatas bertema Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket FIBA Tahun 2023 yang dipimpin Presiden Jokowi di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (18/2) seperti dikutip dari Antara.

Persiapan timnas, kata Zainudin, menjadi bahan bahasan dalam rapat tersebut termasuk soal kualifikasinya.

Menpora juga berharap keterlibatan dari Perbasi, NOC, dan semua pihak terkait agar bisa memberikan dukungan bagi suksesnya penyelenggaraan acara tersebut.

“Jadi kita mau sukses sebagai penyelenggara dan sukses sebagai timnas atau sukses prestasi,” katanya.

Menpora mengatakan, Presiden ingin agar ajang ini dikoordinasikan dengan baik. Dia menambahkan, untuk bisa sukses, persiapan acara itu memang harus dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

“Baik untuk kejuaraan tahun 2023 atau persiapan kita hadapi kualifikasi. Tentu hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan kejuaraan yang harus kita siapkan adalah, kita menjadi tuan rumah,” katanya.

Berbagai fasilitas, sarana, dan prasarana, ujar Menpora, harus disiapkan dengan baik. Itu termasuk venue pertandingan atau hal-hal lain yang di luar pertandingan. Misalnya akomodasi, transportasi, dan berbagai hal lainnya.

Sementara itu, Ketua PP Perbasi Danny Kosasih menambahkan bahwa kualifikasi timnas dalam ajang FIBA Asia Cup 2021 akan tetap berlangsung pada 20 Februari 2020.

Itu mengacu kepada surat yang telah diterima dari FIBA pada Selasa pagi (18/2). Sayang, dua pemain calon naturalisasi timnas yakni Brandon Jawato dan Lester Prosper tidak akan bermain. Prosesnya memang masih gelap.

“Dan pemain naturalisasi memang sampai saat ini belum keluar. Dari kami akan memakai skuad Indonesia semua,” ucap Danny.

Indonesia tergabung bersama Korea Selatan, Filipina, dan Thailand. Indonesia akan menjalani pertandingan pertama pada 20 Februari mendatang melawan Korsel di Mahaka Arena, Kelapa Gading, Jakarta. Setelah itu, pada 23 Februari, giliran Indonesia menjamu Filipina.

Di atas kertas, dengan skuad yang ada sekarang, Timnas Indonesia tidak memiliki peluang untuk memenangkan pertandingan.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : ANTARA

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads