alexametrics

Messi, Hamilton, Marquez Bersaing Berebut Trofi Oscar-nya Olahraga

18 Januari 2020, 22:52:37 WIB

JawaPos – Sudah lima kali Lewis Hamilton masuk daftar nominasi Laureus Awards kategori Sportsman of the Year.

Sayang, belum sekali pun juara Formula 1 2019 itu berhasil membawa pulang penghargaan yang disebut-sebut sebagai Oscar-nya olahraga dunia tersebut. Tahun ini kesempatan itu datang lagi.

Meraih gelar juara dunia F1 keenamnya tahun lalu menjadi faktor utama Hamilton kembali masuk daftar nominasi. Kini dia hanya terpaut satu gelar dari rekor legenda F1 Michael Schumacher. Sampai tahun ini, hanya ada dua pembalap F1 yang pernah meraih Sportsman of the Year.

Mereka adalah Schumacher dan rival terbesar Hamilton saat ini, Sebastian Vettel. Schumi meraihnya pada 2002 dan 2004, sedangkan Vettel pada 2014. Hamilton masuk nominasi pada 2019, 2018, 2016, 2015, dan 2009.

Mantan pembalap F1 Mika Hakkinen menyebut keberhasilan Hamilton bersama Mercedes sepanjang 2019 membuat mereka layak masuk nominasi. ’’Selamat buat mereka. Pertanyaannya, apakah Lewis bisa menyamai level Michael Schumacher dengan tujuh gelar dunia musim depan?’’ terang Hakkinen yang juga member Laureus Academy Awards sebagaimana dikutip Sky Sports.

Hamilton bersaing antara lain dengan nama-nama besar seperti superstar Barcelona Lionel Messi, Eliud Kipchoge (atletik), dan Rafael Nadal (tenis).

Selain Hamilton, Mercedes yang menaunginya juga masuk kategori Team of the Year.

Dari enam nomine Sportsman of the Year, ada dua yang berasal dari dunia motorsport. Selain Hamilton, ada juara dunia MotoGP 2019 Marc Marquez. Dia memenangkan gelar MotoGP keenamnya tahun lalu. Rekor gelarnya di kelas premier hanya kalah oleh Valentino Rossi (7) dan Giacomo Agostini (8).

Marquez pernah masuk nominasi Sportsman of the Year pada 2015. Sama dengan Hamilton, dia juga belum berhasil membawa pulang penghargaan tersebut. Namun, dia pernah meraih Breakthrough of the Year pada 2014.

Untuk kategori Sportswoman of the Year, salah seorang petenis putri Asia yang sedang bersinar, Naomi Osaka, masuk daftar nominasi. Petenis Kanada Bianca Andreescu juga masuk nominasi Breakthrough of the Year.

Sementara itu, petenis Skotlandia Andy Murray menjadi salah satu nomine dalam kategori Comeback of the Year.

Murray berhasil bangkit dari cedera parah setelah Australia Terbuka tahun lalu. Legenda tenis dunia sekaligus member Laureus Academy Boris Becker menyatakan, Murray nyaris mengakhiri karir tenisnya dengan cedera yang dialami. ’’Dia tidak hanya kembali main di lapangan, tetapi juga memenangi turnamen,’’ kata Becker sebagaimana dikutip Daily Express.

Pengumuman pemenang seluruh kategori tersebut akan digelar di Berlin, Jerman, pada 17 Februari. Ada 65 mantan atlet dunia yang menjadi dewan juri. Sementara itu, kategori Moment of the Year bakal ditentukan melalui voting.

NOMINE LAUREUS AWARDS 2020

SPORTSMAN OF THE YEAR
Eliud Kipchoge (Atletik-Kenya)
Lewis Hamilton (Balap mobil-Inggris)
Lionel Messi (Sepak bola-Argentina)
Marc Marquez (Balap motor-Spanyol)
Rafael Nadal (Tenis-Spanyol)
Tiger Woods (Golf-Amerika Serikat)

SPORTSWOMAN OF THE YEAR
Allyson Felix (Atletik-Amerika Serikat)
Megan Rapinoe (Sepak bola-Amerika Serikat)
Mikaela Shiffrin (Ski-Amerika Serikat)
Naomi Osaka (Tenis-Jepang)
Shelly Ann Fraser-Pryce (Atletik-Jamaika)
Simone Biles (Senam-Amerika Serikat)

Editor : Ainur Rohman

Reporter : nap/c19/cak


Close Ads