alexametrics

Floyd Mayweather Jr Terpilih Sebagai Petarung Terbaik Dekade Ini

18 Januari 2020, 08:05:33 WIB

JawaPos.com-Asosiasi Penulis Tinju Amerika alias Boxing Writers Association of America (BWAA) menetapkan Floyd Mayweather Jr sebagai petarung terbaik dekade ini.

Mayweather menerima penghargaan tersebut karena dia tampil sangat dominan pada periode 2010 sampai 2019. Dalam waktu itu, Mayweather menjalani sepuluh kali pertandingan dengan rekor sempurna, 10-0 (2 menang KO).

Sepanjang karirnya, Mayweather mengukir rekor sempurna dalam lima puluh pertarungan yakni 50-0 (27 KO).

Mayweather menjadi petinju terbaik dekade ini, mengalahkan dua petarung top dunia kelas menengah antara lain yakni Saul “Canelo” Alvarez dan Manny Pacquiao. Dalam daftar nominasi terdapat juga nama-nama besar semisal Andre Ward dan Wladimir Klitschko.

Mayweather terakhir bertarung pada 26 Agustus 2017, yakni saat  memukul KO petarung UFC Conor McGregor. Sembilan pertarungan lain yang dia jalani sejak 2010, antara lain mengalahkan dua nama besar: Alvarez dan Pacquiao.

Selain itu, Mayweather mengalahkan Shane Mosley, Victor Ortiz, Robert Guerrero, Miguel Cotto, Marcos Maidana (dua kali), dan Andre Berto.

Mosley adalah Hall of Famer tinju dunia. Sedangkan, tiga nama yang dikalahkan Mayweather adalah calon Hall of Famers (Pacquiao, Cotto, dan Alvarez).

”Terima kasih kepada Boxing Writers Association of America yang memilih saya sebagai petarung dekade ini,” kata Mayweather dalam pernyataan resminya. ”Saya sangat bangga diakui oleh media yang mengikuti karir saya yang berlangsung dalam beberapa dekade,” imbuhnya.

”Tinju adalah bagian dari diri saya sejak saya berusia dua tahun. Dan saya mendedikasikan hidup dan memberikan segalanya. Saya berlatih dengan sangat keras dan menuntaskan pekerjaan saya dengan sukses sepanjang waktu,” lanjut Mayweather.

”Pensiun dalam kondisi tidak terkalahkan dan mencapai apa yang telah saya dapatkan dalam olahraga ini tidak hanya hadiah kepada saya tetapi juga kepada fans. Dan terutama yang paling penting adalah hadiah kepada tim saya dan keluarga saya. Saya jelas tidak akan bisa melakukannya seorang diri. Dan saya berterima kasih kepada semua orang yang telah menjadi bagian dari karir saya,” imbuh pria berusia 42 tahun itu.

Pada dekade 2010-an, BWAA memilih Mayweather sebagai petarung terbaik tahuan dua kali. Yakni pada 2013 dan 2015. Pada 2013, Mayweather berhasil mengalahkan Alvarez. Sedangkan pada 2015, dia menang atas Pacquiao.

Editor : Ainur Rohman


Close Ads