alexametrics

Juarai 3 Turnamen Besar, Huang Dong Ping: Inilah Hasil Latihan Kami!

17 Oktober 2021, 16:06:28 WIB

JawaPos.com – Tahun 2021 menjadi tahun yang amat membahagiakan buat pebulu tangkis putri Tiongkok Huang Dong Ping. Betapa tidak, setelah menjuarai Olimpiade Tokyo 2020 bersama Wang Yi Lyu di nomor ganda campuran, ia juga ikut andil membawa timnya menjuarai dua turnamen beregu bulu tangkis terbesar, yakni Piala Sudirman 2021 dan Piala Uber 2021.

Di final Piala Uber 2021 yang berlangsung pada Minggu (17/10) dini hari tadi, Dong Ping yang dipasangkan dengan Li Wen Mei tampil sebagai pahlawan. Berlaga di partai keempat dengan posisi keunggulan Tiongkok 2-1 atas Jepang, Dong Ping/Wen Mei bermain begitu perkasa dan gagah berani saat meladeni Misaki Matsutomo/Nami Matsuyama.

Dua kali tertinggal match point di gim pertama dan kedua, Dong Ping/Wen Mei yang tidak mau merelakan pasangan Jepang merebut satu gim pun dengan keras kepalanya membuat Misaki/Nami kelimpungan dengan tidak mengizinkan pukulan-pukulan mereka menyentuh lapangan.

Dong Ping/Wen Mei akhirnya bersorak gembira usai mereka sukses memaksa Jepang mengalungkan medali perak setelah menang dengan skor 24-22 dan 23-21. Dong Ping dan rekan-rekannya pun berhak mengangkat kembali Piala Uber yang sempat lepas dari genggaman mereka di 2019 silam.

Bagi Tiongkok sendiri, ini adalah Piala Uber mereka yang ke 15. Jumlah tersebut kian mengokohkan mereka sebagai tim putri dengan raihan Piala Uber terbanyak di atas Jepang (6 kali juara) dan Indonesia (3 kali juara).

Mengomentari kemenangan besarnya dan tim, Dong Ping menuturkan bahwa hasil positif ini tidak lepas dari latihan keras mereka sepanjang pandemi Covid-19 merebak sejak awal 2020.

“Tentu aku sangat senang dengan pencapaian ini. Ini adalah hasil kerja keras kami selama berbulan-bulan di masa pandemi,” ujar Dong Ping, dilansir dari laman BWF.

Untuk diketahui, saat pandemi Covid-19 menghantui dunia di awal tahun lalu, seluruh turnamen bulu tangkis internasional dihentikan demi mencegah terjadinya penularan. Turnamen baru kembali diadakan pada awal 2021. Namun, dari semua negara tangguh yang berpartisipasi, hanya Tiongkok yang sama sekali tidak menurunkan timnya, baik itu di dua turnamen Thailand Open, BWF World Tour Finals 2020, hingga All England 2021.

Tiongkok betul-betul baru menurunkan skuadnya lagi ke turnamen internasional di Olimpiade Tokyo 2020. Namun, absen setahun lebih dari turnamen internasional ternyata tidak membuat taring mereka tumpul. Tiongkok berhasil meloloskan setidaknya satu wakil di partai final seluruh disiplin, dan meraih dua medali emas di nomor ganda campuran dan tunggal putri.

Pencapaian gemilang mereka tidak berhenti di situ. Pekan lalu, mereka sukses menjuarai Piala Sudirman 2021 dengan mengalahkan Jepang 3-1, dan hari ini tim Uber mereka menundukkan Jepang dengan skor yang sama.

Hasil positif ini jelas tidak membantah pepatah yang mengatakan bahwa usaha keras tidak akan mengkhianati hasil.

“Inilah hasil latihan kami!” ujar Dong Ping.

Tiongkok berpotensi mengawinkan Piala Uber dan Piala Thomas di tahun ini jika tim putra mereka berhasil menang melawan Indonesia pada Minggu petang pukul 18.00 nanti.

Editor : Banu Adikara




Close Ads