alexametrics

Berharap Tarung Derajat Go International

17 Oktober 2021, 14:11:54 WIB

JUANDA merupakan atlet Aceh yang paling bersinar dalam PON XX/2021 di Papua. Melalui cabang olahraga tarung derajat, dia membawa pulang tiga medali emas. Total, kontingen Aceh memperoleh 11 emas. Tiga di antaranya dipersembahkan Juanda.

’’Saya main di tiga nomor. Alhamdulillah, kok semuanya dapat emas,’’ kata atlet 23 tahun itu dalam perbincangan telepon dengan Jawa Pos pada Jumat (15/10).

Juanda terharu karena kerja kerasnya tidak sia-sia. Pandemi membuat jadwal latihannya berantakan. Persiapan menuju PON Papua juga kurang maksimal karena ada kendala di sana-sini. ’’Selama Covid-19, latihan memang jalan. Tapi, kan nggak boleh ini, nggak boleh itu. Jadi ya kami berlatih sebisanya,’’ kata alumnus Teknik Informatika Universitas Ubudiyah, Banda Aceh, tersebut.

Sesuai janji, Pemprov Aceh memberikan bonus sebagai bentuk penghargaan kepada para atlet peraih emas. Juanda pun kebagian. ’’Rencananya, saya mau gunakan untuk memberangkatkan ayah dan ibu umrah. Saya tidak ikut. Biar orang tua saja,’’ katanya tentang bonus dari pemprov.

Sebagai atlet, Juanda rindu menorehkan prestasi di ajang berskala lebih besar. Karena emas PON sudah di tangan, kini dia berambisi mewakili Indonesia dalam SEA Games. Atau, Asian Games. Sayang, sejauh ini tidak ada pelatnas tarung derajat di Indonesia. Cabang olahraga yang disebut-sebut sebagai kickboxing-nya Indonesia itu memang tidak dipertandingkan di SEA Games maupun Asian Games.

Juanda berharap tarung derajat bisa lebih populer. Khususnya di kawasan Asia. Dengan demikian, atlet-atlet tarung derajat seperti dirinya punya peluang untuk berprestasi di ajang regional maupun internasional.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : gus/c7/hep




Close Ads