alexametrics
Daftar 25 Petinju Terhebat Sepanjang Masa

Mayweather, Ali, Pacquiao: Siapakah Petarung Terbesar dalam Sejarah?

17 Oktober 2020, 15:33:22 WIB

JawaPos.com-Sangat sulit untuk meranking petinju terbaik sepanjang masa yang berasal dari semua kelas. Namun hal itu tidak menghentikan banyak orang untuk mencoba membikin daftar petarung terhebat.

Perdebatan terus mengalir untuk mencari petarung terbesar sepanjang sejarah. Situs Yard Barker adalah pihak terbaru yang memilih 25 petarung terdahsyat sepanjang masa. Salah satu yang mengejutkan, kanal berita asal Amerika Serikat itu tidak memasukkan mantan juara dunia kelas berat Mike Tyson dalam daftarnya.

Satu-satunya petinju aktif yang masuk daftar adalah Manny Pacquiao. Legenda asal Filipina itu berada di posisi ke-13. “Pada usia 40 tahun, Pacquiao masih berada di posisi atas dunia. Dia adalah satu-satunya orang yang mampu menjadi juara dunia pada lebih dari enam divisi berbeda. Pacquiao adalah juara dunia di delapan divisi,” tulis Yard Barker.

“Aksi-aksi Pacquiao, panjang karir, dan gelar yang bertumpuk, membuatnya meninggalkan jejak hebat dalam sejarah olahraga ini,” lanjut Yard Barker.

Floyd Mayweather Jr saat bertarung melawan Manny Pacquiao pada perebutan sabuk juara dunia kelas welter sejati 2 Mei 2015. (John Gurzinski/AFP)

Salah satu pesaing Pacquiao, Floyd Mayweather Jr ditempatkan pada posisi yang lebih rendah. Dia berada di ranking ke-17. Mayweather memang petarung yang dahsyat. Salah satu yang terhebat dalam sejarah. Dengan rekor 50-0 dan menjadi juara dunia di lima divisi, tidak ada yang meragukan kualitas Mayweather.

Tetapi, Mayweather berada di tempat lebih rendah dari Pacquiao karena dia petarung yang ‘suka cari aman’. “Dia selalu menolak untuk bertarung melawan yang terbaik di saat terbaik,” tulis Yard Barker.

Petinju terkondang sepanjang masa Muhammad Ali ditempatkan pada peringkat kedua. Andai saja Ali tidak absen karena perang Vietnam di saat puncak karirnya, jelas Ali akan berada di posisi teratas.

“Tidak ada petinju kelas berat pada era 1960-an yang bisa melakukan apa yang Ali lakukan. Gerakannya di pojok ring sangat luar biasa,” tulis Yard Barker.

“Pertarungannya melawan George Foreman dan Joe Frazier mungkin adalah pertarungan terbaik dalam sejarah tinju,” imbuh situs tersebut.

Pada posisi puncak, Yard Barker menempatkan legenda era 1940-an dan 1950-an Sugar Ray Robinson. Catatan Robinson sangat luar biasa. Dalam 123 pertandingan awalnya pada kancah profesional, Robinson hanya kalah sekali.

Dia adalah raja terbesar di kelas welter dan menengah pada zamannya. “Tak heran kalau dia terpilih sebagai petarung terbaik abad ke-20 versi Associated Press,” tulis Yard Barker.

Daftar 25 Petinju Terbaik Sepanjang Sejarah

(Versi Yard Barker)

25. Sandy Saddler
24. Rocky Marciano
23. George Foreman
22. Julio Cesar Chavez
21. Jack Dempsey
20. Gene Tunney
19. Barney Ross
18. Joe Gans
17. Floyd Mayweather Jr
16. Pernell Whittaker
15. Archie Moore
14. Ezzard Charles
13. Manny Pacquiao
12. Sam Langford
11. Jack Johnson
10. Marvin Hagler
9. Sugar Ray Leonard
8. Benny Leonard
7. Joe Louis
6. Roberto Duran
5. Willie Pep
4. Harry Greb
3. Henry Armstrong
2. Muhammad Ali
1. Sugar Ray Robinson

Editor : Ainur Rohman




Close Ads