alexametrics

Rekrut Limpele, 4 dari 5 Head Coach Timnas Malaysia Orang Indonesia

17 Mei 2020, 21:35:22 WIB

JawaPos.com – Mantan pelatih kepala ganda putra India Flandy Limpele akhirnya berlabuh ke tim nasional Malaysia.

Kepastian legenda Indonesia menjadi bagian timnas Malaysia disampaikan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) dalam keterangan resmi hari ini (17/5).

Keputusan penunjukan Flandy ini, sekaligus sedikit meredam rumor bakal kembalinya Rexy Mainaky ke Malaysia.

Rexy sempat dikabarkan bergabung dengan timnas Malaysia pasca beredar kabar bahwa dia tidak memperpanjang kontraknya dengan timnas Thailand. Namun, Rexy masih terikat kontrak dengan Thailand sampai 2021 atau setelah berakhirnya Olimpiade Tokyo 2020 tahun depan.

“Flandy Limpele memainkan peranan penting ketika membantu ganda India, Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy masuk 10 besar terbaik dunia tahun lalu,” kata presiden BAM Datuk Seri Norza Zakaria sebagaimana dilansir surat kabar Malaysia The Star, (17/5).

“Adanya perubahan susunan pelatih dan datangnya Limpele bisa memotivasi para pemain untuk mempersiapkan diri menuju Thomas dan Uber Cup serta Olimpiade tahun depan,” tambahnya.

Peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004 bersama Eng Hian itu bakal menggantikan posisi yang ditinggalkan Paulus Firman. Paulus sendiri bakal menempati jabatan baru sebagai pelatih ganda campuran timnas Malaysia.

Flandy akan dibantu dua asisten pelatih. Yakni Rosman Razak dan Hoon Thien How. “Harus disyukuri Malaysia mau kepada saya,” kata Flandy saat kepada Jawa Pos.

“Ini lebih baik daripada di India. Mungkin lebih dekat. Untuk keluarga, ini lebih nyaman. Lalu makanan kan masih enak di Malaysia,” tambahnya.

Menarik ditunggu bagaimana kerja Flandy memoles ganda Malaysia. Terutama meningkatkan performa ganda nomor satu mereka Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Gaya kepelatihan Flandy yang keras dan menuntut ketangguhan fisik, bisa saja membuat pasangan nomor sembilan dunia tersebut makin kuat.

Dengan bergabungnya Flandy, nuansa Indonesia sangat kental di timnas Malaysia saat ini. Sebab di sana masih adalah Hendrawan yang menjadi pelatih kepala tunggal putra. Lalu, Indra Widjaja yang menjadi head coach tunggal putri, serta Paulus yang menempati pos sebagai pelatih kepala ganda campuran.

Jadi total ada empat orang Indonesia yang menjadi pelatih kepala di lima sektor timnas Malaysia. Satu-satunya orang Malaysia yang menjadi head coach timnas bulu tangkis Negeri Jiran adalah Chan Chong Ming. Dia menjadi pelatih kepala ganda putri.

Susunan Tim Pelatih Nasional Malaysia

Direktur kepelatihan: Wong Choong Hann

Tunggal putra: Hendrawan (head coach), Datuk Tey Seu Bock

Ganda putra: Flandy Limpele (head coach), Rosman Razak, Hoon Thien How

Tunggal putri: Indra Widjaja (head coach), Loh Wei Sheng

Ganda putri: Chan Chong Ming (head coach), Chin Eei Hui, Wong Pei Tty

Ganda campuran: Paulus Firman (head coach), Teo Kok Siang

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Gugun Gumilar




Close Ads