alexametrics
Badminton Asia Team Championships 2020

Juara Asia Bukan Yang Utama, Tujuan Terpenting Kita Juara Piala Thomas

17 Februari 2020, 07:49:29 WIB

JawaPos.com-Indonesia sukses mencetak hattrick juara beruntun pada ajang Badminton Asia Team Championships.

Pada edisi 2020 kemain (16/2), Indonesia mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1 di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina. Kemenangan ini menjadi bekal Anthony Sinisuka Ginting dkk untuk menuju Piala Thomas 2020.

Kejuaraan bulu tangkis beregu putra paling elite di dunia itu akan berlangsung di Aarhus, Denmark, pada 16 sampai 24 Mei 2020.

Chef de Mission tim Indonesia di BATC 2020 Achmad Budiharto mengatakan bahwa menjadi juara Asia bukanlah tujuan utama. Prioritas terpenting saat ini adalah merebut kembali Piala Thomas.

Tim putra tak boleh terlena dengan kemenangan ini. Sebab, beberapa tim tidak turun dengan kekuatan terbaik karena badai cedera. Misalnya Jepang dan India.

Tiongkok juga absen akibat dampak virus korona. Dengan begitu, banyak sekali pengalaman yang bisa diambil dari gelar juara BATC 2020.

“Alhamdulillah, kami bisa pertahankan gelar untuk ketiga kalinya, kami patut bersyukur, tim telah berjuang luar biasa. Tapi kami tidak bisa berpuas diri, target utama kami adalah Piala Thomas, kami mau bawa kembali Piala Thomas yang sudah cukup lama tidak ke Indonesia,” kata Budiharto dikutip dari siaran pers PP PBSI.

Budiharto mengatakan bahwa sekembalinya dari BATC, tim harus segera mengevaluasi penampilan masing-masing dan kembali mempersiapkan diri untuk turnamen selanjutnya.

“Perlu dievaluasi lagi bagaimana mengatasi pressure untuk tampil normal. Ini jadi PR bagi kami semua, termasuk para pelatih, bagaimana mengkondisikan tim dengan baik supaya nanti pada waktunya dapat hasil yang terbaik,” jelas Budiharto.

Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti memandang bahwa jika melihat kekuatan tim putra, Indonesia berpeluang besar untuk merebut Piala Thomas tahun ini.

“Harus optimistis di Piala Thomas. Ini kesempatan baik buat kami. Kami harus lebih mempersiapkan diri lagi, kami berharap sekali bisa mengembalikan Piala Thomas ke Indonesia,” kata Susy.

Indonesia sudah lama tidak memeluk Piala Thomas. Kita, kali terakhir menjadi juara pada 2002 di Guangzhou, Tiongkok. Indonesia adalah negara tersukses pada ajang yang berlangsung sejak 1949 tersebut. Merah Putih total mengumpulkan 13 gelar.

Editor : Ainur Rohman



Close Ads