alexametrics
SEA Games 2021 Hanoi

Kontingen Indonesia Panen Medali lewat Wushu

16 Mei 2022, 13:47:07 WIB

JawaPos.com-Kontingen Indonesia panen medali lewat cabang olahraga (cabor) wushu kemarin. Total, ada 2 medali emas, 6 perak, dan 1 perunggu yang diraih lewat wushu.

Dua emas diamankan pewushu putra Seraf Naro Siregar yang tampil di nomor daoshu & gunshu dan junita malau (women’s 48 kg).

Enam perak dipersembahkan Nandhira Mauriskha (changquan), Puja Riyaya (women’s 70 kg), Melisa Try Andani (women’s 56 kg), Jumanta (men’s 60 kg), Laksmana Pandu Pratama (men’s 56 kg), Rosalina Simanjuntak (women’s 52 kg), dan satu perunggu dari Harris Horatius di nomor nangun (toya) putra.

Seraf berhak atas emas setelah mendapat nilai gabungan tertinggi sebesar 19,22. Dia unggul atas Jowen Si Wei Lim (Singapura, 19,38) dan Wai Kin Yeap (Malaysia, 19,26).

Raihan itu juga merupakan kejutan. Sebab, di nomor tersebut, ada pewushu senior Edgar Xavier Marvelo yang lebih berpengalaman darinya.

Seraf juga tak menyangka dirinya bisa meraih medali emas di nomor tersebut. ’’Puji Tuhan, hasil ini di luar ekspektasi karena saya bisa dapat medali emas,’’ bebernya kemarin.

Cabor catur juga berhasil meraih satu emas dan dua perak. Emas diraih pecatur Citra Dewi Ardhiani Anastasia yang turun di nomor individual standard putri.

Dia menaklukkan WGM Janelle Mae Frayna (Filipina) setelah mendapat remis pada langkah ke-30 babak terakhir catur klasik. Hasil tersebut juga memastikan Citra merebut norma WGM ketiga atau terakhirnya.

Citra pernah mencapai rating 2300 dalam live rating turnamen Third Saturday di Novisad, Serbia, pada 2017.

Dengan kemenangan itu, Citra juga menahbiskan diri menjadi WGM ketiga Indonesia setelah Irene Kharisma Sukandar dan Medina Warda Aulia. Lebih bahagia lagi karena sekaligus menjadi perayaan ulang tahunnya yang ke-28.

Pelatih catur Indonesia Kristianus Lim menilai, penampilan Citra cukup mengejutkan. Sebab, dia tidak dibebani target emas karena ada Irene yang memang tampil sebagai unggulan pertama.

’’Tapi, penampilan Citra sangat baik. Pada akhirnya, kesiapan atlet saat bertanding yang menentukan dan dia tampil sangat baik,” katanya. Satu perak lainnya didapatkan Mohamad Ervan dari nomor standar putra.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : raf/c17/bas

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads