alexametrics
Hongkong Open 2019

Situasi Kritis, Sempat Mimisan, Anthony Ginting Tetap Bisa Menang

15 November 2019, 12:51:49 WIB

JawaPos.com-Indonesia mengirim enam wakil ke babak perempat final Hongkong Open 2019.

Ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan menjadi wakil pertama yang lolos. Hari ini (15/11), The Daddies bahkan juga menjadi sektor pembuka yang lolos ke semifinal.

Ganda nomor dua dunia itu mengalahkan pasangan Denmark Mathias Boe/Mads-Conrad Petersen dengan skor 21-11, 21-11. Hendra/Ahsan menyelesaikan pertandingan hanya dalam tempo 27 menit.

Selain Hendra/Ahsan, Jonatan Christie, Ruselli Hartawan, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, dan Anthony Sinisuka Ginting juga melesat ke babak delapan besar turnamen dengan level Super 500 tersebut.

Ginting melesat ke perempat final dengan menundukkan pemain Denmark Jan O Jorgensen dalam pertarungan keras tiga game yang berakhir 20-22, 21-19, 21-14. Dalam laga panjang berdurasi 66 menit tersebut, Ginting sempat meminta pertolongan dokter pertandingan karena dia mengalami mimisan pada kedudukan 18-17 di game kedua.

“Kalau mimisan saat bertanding sudah beberapa kali, mengganggu ke kondisi sih enggak, paling cuma ke pernafasan saja sedikit,” komentar pemain 23 tahun itu dalam siaran pers PP PBSI yang diterima Jawa Pos.

“Di game pertama seharusnya bisa menang, tapi saya kurang mengantisipasi pukulan-pukulan lawan yang kadang sulit diduga. Tapi saya tetap berusaha untuk memaksakan dimainkan game ketiga karena secara fisik, saya lebih muda jadi lebih kuat dari lawan. Saya bermain lebih fokus dan lebih tahan di game penentuan,” tambahnya.

Memang, pada game pertama Ginting melepaskan kesempatan untuk mengunci kemenangan. Dia unggul 19-15. Namun dia tidak bisa menuntaskan babak pembuka itu menjadi miliknya. Justru Jorgensen bisa menyamakan kedudukan 19-19, dan lantas memungkasinya dengan skor 22-20.

Pada game kedua, terjadi situasi yang nyaris mirip. Ginting unggul 19-17, namun pemain Denmark berusia 31 tahun itu juga bisa menyamakan kedudukan menjadi 19-19. Tetapi, kali ini, Ginting enggan melepaskan game kedua. Dia mencetak dua angka beruntun untuk membawa pertandingan menuju game ketiga.

Nah, di game penentuan, Ginting bermain lebih solid. Memanfaatkan kondisi fisik lawan yang menurun, pemain nomor delapan dunia itu melesat. Dia mencetak empat angka beruntun pada kondisi 17-14 dan memetik tiket perempat final.

Pada babak perempat final hari ini (15/11), pemain nomor delapan dunia itu akan melawan pemain ranking dua dunia asal Taiwan Chou Tien-chen. Secara rekor pertemuan, Ginting unggul dengan lima kemenangan dalam sembilan laga. Pada pertandingan terakhir di Singapore Open 2019, Ginting sukses mengalahkan Chou.

“Sekarang saya mau fokus dulu ke recovery setelah pertandingan panjang hari ini (kemarin, Red). Untuk persiapan besok (hari ini), saya akan pelajari lagi permainan lawan lewat video pertandingan,” ujar Ginting.

Editor : Ainur Rohman



Close Ads