alexametrics

Curhat Marc Marquez: Aku Tidak Ingin Rider Lain Merasakan Ini

15 Januari 2022, 11:32:27 WIB

JawaPos.com – Dalam beberapa bulan terakhir, cerita di balik kecelakaan yang dialami bintang Repsol Honda Marc Marquez belum banyak terungkap ke publik.

Kemarin, untuk kali pertama, juara dunia enam kali MotoGP tersebut mengisahkan apa yang terjadi pada Oktober lalu. Insiden yang membuat cedera diplopia (pandangan ganda) pada matanya itu kambuh.

Sebelumnya, cedera yang sama sudah menimpanya 2011 silam.

”Kecelakaan itu sebenarnya biasa saja. Aku sedang berlatih dengan motor enduro di sirkuit yang sangat kecil di kotaku,” Marquez memulai seperti dilansir Crash.

”(Saat itu) aku bersama Josep Garcia, dia adalah juara dunia enduro. Aku berteman baik dengannya,”

”Aku berlatih 20 menit. Lalu aku bilang kepadanya, aku akan lanjut dua lap lagi sebelum pulang. Nah, pada momen itulah aku terjatuh di tikungan kanan,”

”Aku mengalami highside dan kepalaku membentur tanah,”

”Tapi aku bisa bangun dan mengendarai motorku lagi dan melanjutkan latihan.”

”Pulang ke rumah aku mandi.  Tapi setelah 3 jam aku merasakan ada yang aneh dengan pandanganku. Juga ada yang aneh dengan kepalaku,”

”Aku langsung menelepon dokter. Dia bilang: Jangan panik, tunggu seminggu. Mungkin itu normal,” akunya.

”Lalu setelah sepekan berlalu, masalah itu tidak juga sembuh. Itulah saat kali pertama kami menyampaikannya ke media. Kami tidak mengumumkan langsung ke media karena itu saran dokter,”

”Menurut dokter, biasanya masalah seperti ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Tapi, jika dalam pekan pertama tidak membaik, maka akan butuh waktu yang panjang,”

Sejak saat itu kesabaran Marquez kembali diuji. Karena pada 2011 lalu, dia harus menjalani operasi dan menghabiskan 4,5 bulan untuk pulih.

Kali ini, dokter menyebut Marquez tidak perlu dioperasi dan memilih pendekatan konservatif dengan perawatan jalan.

“Sedikit demi sedikit. Waktu akan menyembuhkan segalanya. Tapi jika tidak sembuh, maka aku akan dioperasi (seperti 2011),”

”Untuk saat ini aku tidak perlu dioperasi. Aku tidak ingin beraktivitas dengan satu mata lagi,”

”Tapi dalam tiga bulan terakhir kami tetap berlatih untuk bahuku dan mempersiapkan musim baru dengan sempurna,”

”Karena meski kondisi bahu dan lenganku jauh lebih baik, kami perlu tahu cara terbaik agar masalah yang terjadi tahun lalu tidak terulang. Iritasi, lalu kesakitan. Lalu semuanya menjadi lebih sulit,”

”Dari sisi mental, mungkin ini adalah salah satu momen tersulit dalam karirku. Ini adalah musim dingin keempat dimana aku harus memulihkan diri dari cedera,”

”Bahu kanan, kemudian bahu kiri, lalu tangan (patah). Cedera tanganku yang paling parah, tapi sekarang rasanya sudah membaik. Kemudian datanglah cedera mata,” ungkapnya.

”Rasanya sangat sulit. Aku tidak ingin rider manapun merasakan ini,” ujarnya.

Apakah Marquez akan terus berlatih dengan motocross?

”Motor off-road memang berbahaya. Tapi berlatih dengan CBR 1000 di sirkuit yang bukan MotoGP juga sama bahayanya. Area run-off nya sangat kecil,”

”Pada akhirnya, kita harus tetap berlatih, meski risiko selalu membayangi,” tandasnya.

Saat ini mata Marquez sudah membaik dan mulai kembali berlatih dengan motocross sejak awal pekan ini.

Selanjutnya, Marquez akau mengevaluasi pandangan matanya dengan mengendarai motor 1000 cc di sirkuit yang dipakai untuk balapan MotoGP.

Jika tidak ada masalah berarti, dia bisa kembali ke motor MotoGP di uji coba pramusim di Sepang, Malaysia, bulan depan.

 

 

 

 

Editor : Candra Kurnia




Close Ads